IKhlas, Muhammad (2018) Minat Siswa SMKN 1 Kota Solok Terhadap Pembelajaran Penjas Orkes. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_MUHAMMAD_IKHLAS_2585_1306805_2018.pdf [thumbnail of B1_02_MUHAMMAD_IKHLAS_2585_1306805_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_MUHAMMAD_IKHLAS_2585_1306805_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah kurangnya minat siswa SMKN 1 Kota Solok terhadap pembelajaran Penjas Orkes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat siswa tersebut terhadap pembelajaran Penjas Orkes. Jadi masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa SMKN 1 Kota Solok terhadap pembelajan Penjas Orkes. Jenis Penelitian ini adalah Penelitan Deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 475 siswa kelas XI SMKN 1 Kota Solok dengan jumlah sampel yaitu
sebanyak 82 siswa dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert 4 pilihan jawaban terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Jumlah butir item pernyataan dalam
penelitian tersebut yaitu 34 pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 5 indikator di dapat hasil sebagai berikut, pada indikator perhatian termasuk
pada kategoris sangat tinggi yaitu dengan persentase 100%, disebabkan siswa sangat memperhatiakn materi Pembeljaran,tidak hanya dengan praktek tapi
dengan teori diberikan dikelas,siswa memperhatikan dengan baik. Perasaan senang termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase 100%,disebabkan siswa sangat menyukai materi yang diberikan oleh guru sehingga mereka sangat senang
terhadap pembelajaran penjas orkes. Aktifitas termasuk kategori sedang dengan persentase 49.39%,disebabkan siswa banyak malas untuk bergerak,siswa lebih suka dengan permainan tanpa melakukan pemanasan sehingga aktifias mereka
sedang. Peranan guru termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase 95.18% disebabkan guru disana sangat ramah dan mampu memberikan permainan kecil yang menghibur dalam bentuk materi, dan fasilitas termasuk kategori sangat
rendah dengan persentase 100%,disebabkan siswa tidak mendapatkan peralatan dan lapangan kurang bagus,sehingga siswa memilik pandangan fasilitas ini sangat
rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:58 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4258 |