Pemahaman Siswa tentang Informasi Karir “Jurusan Pariwisata” dan Upaya Guru BK di SMK Nusatama Padang

Susanti, Eni (2015) Pemahaman Siswa tentang Informasi Karir “Jurusan Pariwisata” dan Upaya Guru BK di SMK Nusatama Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ENI_SUSANTI_19111_1108_2015.pdf] Text
B1_1_ENI_SUSANTI_19111_1108_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya, pendidikan merupakan bagian dari perjalanan awal karir
seseorang. Pendidikan juga merupakan unsur utama dari usaha seseorang dalam
mempersiapkan diri untuk memasuki jenis pekerjaan tertentu. Pengetahuan
tentang informasi berkenaan tentang karir diharapkan mampu membawa mereka
untuk dapat menjalani kesesuaian pekerjaan dengan keadaan dirinya. Secara lebih
khusus bagi siswa SMK, informasi tentang jenis karir yang dipilih memiliki kaitan
dengan lapangan kerja, jabatan atau karir yang dicita-citakan setelah
menyelesaikan studi pada jenjang pendidikan yang ditempuhnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan
pemahaman siswa tentang informasi karir dan upaya guru BK di SMK Nusatama
Padang. Ada dua pertanyaan penelitian yang diajukan, yaitu: (1) bagaimana
pemahaman siswa jurusan pariwisata SMK Nusatama Padang tentang informasi
jenis karir dan deskripsi tentang jenis karir, (2) bagaimana upaya guru BK dalam
memberikan pemahaman kepada siswa tentang informasi karir jurusan Pariwisata
SMK Nusatama Padang
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi meliputi seluruh
siswa SMK Nusatama Padang berjumlah 156 orang. Sampel diperoleh sebanyak
111 orang yang diambil melalui teknik Cluster Random Sampling. Instrumen
yang digunakan untuk pengumpulan data adalah inventori yang telah teruji
validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS
versi 15.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang
baik tentang informasi karir. Hal ini terlihat pada penjabaran indikator yaitu: (1)
siswa memiliki pemahaman yang baik tentang informasi jenis karir. (2) siswa
memiliki pemahaman yang baik tentang deskripsi jenis karir. Selanjutnya hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa guru BK telah berupaya dalam melakukan
pemberian informasi tentang karir kepada siswa dengan melakukan kerjasama
dengan pihak sekolah dalam memberikan informasi karir kepada siswa. Namun
dalam pelaksanaannya belum berjalan secara optimal terlihat dari kendala ditemui
guru BK seperti jumlah guru BK nya terbatas dan tidak sesuai dengan jumlah
siswa, guru BK masih kurang berkerjasama dengan guru mata pelajaran. Temuan
ini menyatakan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik mengenai informasi
karir. Diharapkan kepada berbagai macam pihak yang ada di sekolah agar
mendukung secara penuh kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: INFORMASI KARIR, UPAYA GURU BK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 02:48
Last Modified: 21 Mar 2025 02:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item
View Item