Laspita, Romi (2016) Pengembangan Bahan Ajar IPA Berorientasi Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ROMI_LASPITA_14124081_2017.pdf [thumbnail of B1_01_ROMI_LASPITA_14124081_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ROMI_LASPITA_14124081_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan bahan ajar IPA dapat membantu kelancaran dalam proses
pembelajaran. Namun, bahan ajar yang ada belum mampu melibatkan siswa
secara aktif dalam melakukan penemuan-penemuan guna membangun
pemahaman konsep terhadap materi yang dipelajarinya. Kurangnya keterlibatan
siswa dalam membangun pemahaman konsep mengakibatkan siswa mudah lupa
terhadap materi tersebut. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.
Oleh karena itu dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat membantu siswa, yakni
bahan ajar berorientasi pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini
adalah mengembangkan bahan ajar IPA berorientasi pendekatan keterampilan
proses yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan.
Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu:
tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan
penyebaran (disseminate). Bahan ajar ini divalidasi oleh validator ahli dan praktisi
pendidikan. Kepraktisan dilihat melalui hasil keterlaksanaan pembelajaran, angket
respon guru, angket respon siswa dan wawancara. Keefektifan dilihat melalui
hasil aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan hasil validasi yaitu valid
dari segi isi dan konstruk. Pada tahap validitas rata-rata validasi yang didapat dari
validator ahli dan praktisi untuk bahan ajar rata-rata 4,72 kategori sangat valid,
hasil praktikalitas persentase respon guru 91,1% dengan kategori sangat praktis
dan persentase respon siswa 92,7% dengan kategori praktis. Diperoleh hasil saat
uji coba aktivitas siswa dengan persentase 88,11% dengan kategori sangat efektif
dan untuk hasil belajar diukur dengan tiga aspek, aspek tersebut yaitu,
pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Aspek pengetahuan diperoleh ketuntasan
97%, aspek sikap diperoleh rata-rata 90%, dan aspek keterampilan diperoleh rata�rata 94,32%. Ini berarti bahan ajar efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahan ajar yang
dikembangkan telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan
ajar IPA di kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR, PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES, SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:48 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4252 |