Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Kelas V Sekolah Dasar

Marta, Eni (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ENI_MARTA_1309339_4986_2016.pdf] Text
B1_1_ENI_MARTA_1309339_4986_2016.pdf

Download (649kB)

Abstract

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh
masing-masing satuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan dan menghasilkan LKS pada pembelajaran IPA berbasis Inkuiri
Terbimbing dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini dilakukan di SDN 002 Rambah dan di SDN 003 Rambah.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang
digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessiminate).
Tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan, analisis konsep
dan analisis siswa. Tahap design dilakukan perancangan terhadap perangkat
pembelajaran berupa Silabus, RPP, dan LKS. Tahap develop dilakukan uji
validitas melalui lembar validasi perangkat, uji praktikalitas melalui lembar
observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa, uji efektivitas
diperoleh dari penilaian aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Tahap dessiminate
dilakukan penyebaran perangkat dengan skala terbatas.
Hasil penelitian pada tahap perancangan diperoleh Silabus, RPP, dan LKS
yang dirancang mengikuti langkah-langkah pembelajaran berbasis Inkuiri
Terbimbing. Hasil penelitian pada tahap pengembangan pada uji validitas
diperoleh data bahwa persentase rata-rata Silabus adalah 87.5% , persentase ratarata
RPP adalah 83%, persentase LKS dari validasi instrumen adalah 86.2%,
persentase LKS dari validasi media adalah 90%, persentase LKS dari validasi
materi adalah 83% dan persentase validasi bahasa adalah 90%. Pelaksanaan hasil
uji praktikalitas dari RPP persentasenya adalah 88.9%, angket respon guru adalah
87% dan angket respon siswa adalah 92.6 %. Selanjutnya hasil uji efektivitas
diperoleh dari aktivitas siswa dengan persentase 85.9% dan dari aspek
pengetahuan diperoleh persentase 89%, penilaian sikap siswa dengan persentase
rata-rata 88.1%.
Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing
yang dikembangkan berada pada kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: INKUIRI TERBIMBING, SEKOLAH DASAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 02:47
Last Modified: 21 Mar 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4246

Actions (login required)

View Item
View Item