Endrawita, Endrawita (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ENDRAWITA_1104002_3421_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ENDRAWITA_1104002_3421_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ENDRAWITA_1104002_3421_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa SMA Negeri 4 Kerinci masih
rendah. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Selain
itu, kurangnya kemampuan penguasaan materi prasyarat juga merupakan salah satu
kendala yang ikut mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Penulis mencoba
untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran
learning cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran learning cycle dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep
dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi
Barisan dan Deret.
Penelitian ini dilakukan di dua kelas yang dikelompokkan sebagai kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas, siswa juga dibedakan dalam
dua kelompok yakni kelompok yang berkemampuan awal tinggi dan kelompok
yang berkemampuan awal rendah. Di kelas eksperimen (XII IPA3) dilakukan
dengan menggunakan Model pembelajaran Leaning cycle sedangkan pada kelas
kontrol (XII IPA1) dilakukan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kemampuan awal
dan tes akhir. Analisis data dilakukan dengan menggunakan anava 2 arah.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pemahaman
konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan
model pembelajaran learning cycle dengan pemahaman konsep dan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran
konvensional; 2) terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang
berkemampuan awal tinggi dengan pemahaman konsep matematika siswa yang
berkemampuan awal rendah; 3) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang berkemampuan awal tinggi dengan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa yang berkemampuan awal rendah; 4) tidak
terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap
pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Deskripsi data menunjukkan bahwa: rata – rata hasil belajar pemahaman konsep
dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model
pembelajaran learning cycle lebih tinggi dari pemahaman konsep dan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran
konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:47 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4240 |