Duri, Rofiqa (2017) Perbedaan Kontrol Diri (Self Control) Siswa dalam Belajar Ditinjau dari Perlakuan Orang Tua dan Jenis Kelamin. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ROFIQA_DURI_15151065_4189_2017.pdf [thumbnail of B1_01_ROFIQA_DURI_15151065_4189_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ROFIQA_DURI_15151065_4189_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanya ketidakkonsistenan kontrol diri siswa
di sekolah yang tidak mampu mengontrol diri dalam proses pembelajaran. Siswa
yang mampu mengontrol diri dapat dilihat dari aspek kontrol perilaku (behavior
control), kontrol kognitif (cognitive control), dan kemampuan mengontrol
keputusan (decisional control). Faktor yang mempengaruhi kontrol diri siswa di
antaranya adalah perlakuan orang tua dan jenis kelamin. Kontrol diri siswa
ditinjau dari perlakuan orang tua dan jenis kelamin baik laki-laki maupun
perempuan akan berbeda, perbedaan kontrol diri siswa dipengaruhi oleh beberapa
faktor baik faktor internal dan faktor eksternal. Kontrol diri yang dimiliki siswa
akan mampu mengarahkan dan mengatur tingkah lakunya dalam belajar,
sehingga tidak mudah tergoda dan terjerumus dengan perubahan negatif dan
tingkah laku menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontrol diri siswa ditinjau
dari perlakuan orang tua dan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan
adalah ex post facto dengan desain faktorial 3 x 2. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri
Padang. Teknik penarikan sampel menggunakan propotional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah model skala Likert. Analisis data dengan
menggunakan teknik analisis varian (ANAVA).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kontrol diri siswa ditinjau dari
perlakuan orang tua yaitu perlakuan otoriter, demokratis, dan permisif berada
pada kategori tinggi, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan artinya tidak
ada perbedaan kontrol diri ditinjau dari perlakuan orang tua, (2) Kontrol diri siswa
ditinjau dari jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan berada pada kategori
tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan dimana nilai rata-rata skor perempuan
lebih tinggi dibanding laki-laki, (3) Tidak terdapat interaksi antara variable
perlakuan orang tua dan jenis kelamin dalam menjelaskan gambaran kontrol diri
siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONTROL DIRI, PERLAKUAN ORANG TUA, JENIS KELAMIN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 00:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 00:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4238 |