Suryadi, Endang (2013) Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Video dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Cendana Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ENDANG_SURYADI_1109840_941_2014.pdf [thumbnail of B1_1_ENDANG_SURYADI_1109840_941_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ENDANG_SURYADI_1109840_941_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Proses pembelajaran harus disampaikan lebih bervariasi dan ivonatif.
Media Audio Visual Berbasis video adalah salah satu alternatif yang digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Media Audio Visual
Berbasis Video dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris,
sedangkan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah
terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan
menggunakan media audio visual berbasis video lebih tinggi daripada yang diajar
dengan konvensional? (2) Apakah hasil belajar siswa yang mempunyai
pengetahuan awal tinggi belajar dengan media audio visual berbasis video
memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang memiliki pengetahuan
awal tinggi belajar dengan konvensional?. (3) Apakah hasil belajar siswa yang
mempunyai pengetahuan awal rendah belajar dengan media audio visual berbasis
video memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang memiliki
pengetahuan awal rendah belajar dengan konvensional? (4) Apakah terdapat
interaksi antara media dan pengetahuan awal siswa terhadap hasil belajar Bahasa
Inggris siswa?
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain
faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di SMP Cendana Pekanbaru semester
genap Tahun 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik porposive random
sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis dengan
uji t dan analisis varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Siswa yang belajar menggunakan
media audio visual berbasis video memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi
daripada siswa yang belajar dengan cara konvensional. Siswa yang memiliki
kemampuan awal tinggi yang belajar dengan media audio visual berbasis Video
memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki
kemampuan awal tinggi yang belajar dengan cara konvensional. Siswa yang
memiliki kemampuan awal rendah yang belajar menggunakan media audio visual
memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki
kemampuan awal rendah yang belajar dengan cara konvensional. Siswa yang
mempunyai kemampuan awal rendah, sebaiknya menggunakan cara konvensional
untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Tidak terdapat interaksi antara
media audio visual berbasis video dengan kemampuan awal dan hasil belajar
siswa
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA AUDIO VISUAL, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 00:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 00:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4234 |