Putra, Rizki Pernanda (2021) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pecahan di Kelas V SDN 02 Indarung Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RIZKI_PERNANDA_PUTRA_18124081_3634_2022.pdf [thumbnail of B1_01_RIZKI_PERNANDA_PUTRA_18124081_3634_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RIZKI_PERNANDA_PUTRA_18124081_3634_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi proses pembelajaran
yang dilaksanakan di dalam kelas kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu
pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga guru kurang memberikan
pengalaman lansung kepada peserta didik untuk menemukan informasi yang
diperlukan pada saat pembelajaran. Akibatnya aktivitas belajar peserta didik
hanya terfokus pada saat mendengarkan guru berceramah sehingga berdampak
kepada hasil belajar yang diperoleh peserta didik menjadi rendah. Guru
diharapkan mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses
pembelajaran (pembelajaran secara individu maupun kelompok). Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan hasil
belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model
pembelajaran discovery learning di kelas V SDN 02 Indarung Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus yang mana prosedur penelitiannya meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru
dan peserta didik kelas V SDN 02 Indarung Kota Padang yang berjumlah 25
orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan, hasil belajar, dan aktivitas belajar
peserta didik yang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I nilai rata-rata 85,18 %
dengan kualifikasi Baik (B), dan meningkat pada siklus II 91,66% dengan
kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I nilai
rata-rata 79,16 dengan kualifikasi Cukup (C), dan meningkat pada siklus II
menjadi 90,62% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek
peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 77,08 dengan kualifikasi Cukup (C), dan
meningkat pada siklus II menjadi 89,58% dengan kualifikasi Baik (B). Hasil
pengamatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 70,73
dengan kualifikasi Sedang (S), dan meningkat pada siklus II menjadi 84,00%
dengan kualifikasi Tinggi (T). Hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata�rata 64,67 dengan kualifikasi Kurang (K) dan meningkat pada siklus II nilai rata�rata 85,67 dengan kualifikasi Baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di Kelas V SDN 02
Indarung Kota Padang
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 00:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 00:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4233 |