Purwanti, Endang (2011) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Kelas IV di SDN 063 Bukit Kratai Rumbio Jaya Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ENDANG_PURWANTI_51912_5934_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ENDANG_PURWANTI_51912_5934_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ENDANG_PURWANTI_51912_5934_2012.pdf
Download (100kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi pada tiga tahun sebelumnya adalah siswa belum
terbiasa dengan menyampaikan ide-ide, bertanya, kurang kreatif dan kurang
memahami soal-soal pemecahan masalah. Hasil belajar matematika selama ini
belum memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Untuk itu guru
berupaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan RME
di SDN 063 Bukit Kratai, Rumbio Jaya Kampar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester
ganjil pada tahun pelajaran 2010/2011, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari dua rencana pelaksana pembelajaran dan satu ulangan test hasil
belajar. Untuk memperoleh data, digunakan lembar observasi yang diisi oleh
observer dan tes hasil belajar diberikan pada akhir siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa memberikan dampak
positif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan alur pembelajaran diranya siswa
mampu mengeluarkan pendapat, mau bertanya dan aktif dalam proses
pembelajaran. Keterlibatan siswa menemukan alur pembelajaran melalui soal
kontekstual menyebabkan peningkatan hasil belajar, setelah dilaksanakan
tindakan selama dua siklus. Setelah proses pembelajaran dilaksanakan dengan
pendekatan RME pada siklus I siswa yang tuntas terdiri dari 29 orang dari 38
siswa dan siklus II siswa yang tuntas terdiri dari 31 orang dari 38 siswa. Jika
dibandingkan, siklus II lebih meningkat daripada siklus I. Secara umum dapat
disimpulkan bahwa pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar
matematika pada pokok bahasan memecahkan masalah yang berkaitan dengan
uang dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV SDN 063 Bukit Kratai Rumbio Jaya
Kampar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 00:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 00:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4231 |