Pengembangan E-Modul Berorientasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Oktarina, Rizka (2023) Pengembangan E-Modul Berorientasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIZKA_OKTARINA_21124022_2849_2024.pdf] Text
B1_01_RIZKA_OKTARINA_21124022_2849_2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bersumber dari permasalahan yang terjadi
di lapangan. Di mana ditemukan kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam
proses pembelajaran di sekolah. Beberapa masalah yang ditemukan yaitu belum
tersedianya e-modul yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, belum
sepenuhnya memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar di dalam kelas, di
sekolah ini belum di terapkan pembelajaran yang berorientasi pendekatan STEM
sehingga belum mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Dengan
demikian, dikembangkanlah sebuah e-modul yang dapat mengatasi permasalahan
yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah
e-modul berorientasi pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, ang
Mathematic) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III
sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Reseach and
Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluastion). Lembar validasi, lembar
angket praktikalitas dan tes kemampuan literasi sains merupakan teknik
pengumpulan data yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis data kuantitatif dan kualitatif. Untuk mendeskripsikan data validitas,
praktikalitas dan efektifitas menggunkan analisis data kualitatif untuk menentukan
hasil kemampuan literasi sains siswa.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini yaitu hasil
validitas RPP sebesar 91% kategori sangat valid dan validitas e-modul sebesar
92% kategori sangat valid. Hasil praktikalitas respon siswa dari semua kelompok
diperoleh rata-rata sebesar 91,18% kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas
respon guru sebesar 92,67% kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil uji
efektifitas berdasarkan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen diperoleh
bahwa thitung > ttabel yaitu 25,993 > 1,714 dan pada kelas kontrol diperoleh bawa
thitung > ttabel yaitu 15,405 > 1,714 dan Sig (2-tailed) dari kedua kelas 0,000 <
0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil tes
kemampuan literasi sains siswa untuk hasil pretest dengan hasil posttest.uji
efektifitas berdasarkan N-gain Score pada diperoleh hasil sebesar 74,78 kategori
tinggi pada kelas eksperimen dan 50,47 kategori sedang pada kelas kontrol.
Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa pengembangan e-modul
berorientasi pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and
Mathematic) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III
sekolah dasar dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, PENDEKATAN STEM, LITERASI SAINS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 00:29
Last Modified: 21 Mar 2025 00:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4230

Actions (login required)

View Item
View Item