Citrowati, Endang (2021) Analisis Model Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ENDANG_CITROWATI_18330007_440_2022.pdf [thumbnail of B1_1_ENDANG_CITROWATI_18330007_440_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ENDANG_CITROWATI_18330007_440_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, peneliti melihat permasalahan bahwa pendidik
masih kesulitan dalam pembelajaran sains pada masa covid-19 namun pendidikan
harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta
didik berada dirumah. Pendidik dituntut untuk medesain media pembelajaran
sebagai inovasi dengan pemanfaatan media daring (online) namun pada anak yang
orang tuanya belum memiliki vasilitas internet guru melakukan pembelajaran
kerumah masing-masing anak itu yang dilakukan dua kali dalam seminggu. Hal
tersebut mengungkapkan kurang effektifnya pembelajaran sains pada masa
Covid-19 sehingga kegiatan belajar-mengajar terganggu dan tingkat pencapaian
anak tidak berkembang sesuai pada tingkat pencapaian. Berdasarkan hal tersebut,
peneliti melakukan penelitian tentang Analisis Model Pembelajaran Sains Anak
Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak Kecamatan
Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat”. Jenis penelitian ini adalah penelitian
gabungan (mix methods), menggunakan metode campuran “Explanatory mixed
Methods design” yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara
berurutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran PSB MUGI
teridiri dari 5 indikator yaitu Eksplorasi, Multisensori, Variasi Media, Interaksi,
Aktifitas mengurangi kerusakan bumi dengan presentase 82,57 % dan model
Pembelajaran Inkuiri terdiri dari 4 indikator yaitu Mengamati, Mengklasifikasikan,
Perkiraan, Membandingkan dengan jumlah rata-rata penilaian 86,21 % dengan
persentase tinggi. Berdasarkan data kualitatif dengan hasil telah terlaksananya
pembelajaran sains eksplorasi dalam proses pembelajaran seperti mengenal jenis
binatang dan menirukan suara binatang, memanfaatkan benda lingkungan sekitar,
menirukan pedagang dipasar, mengenal tumbuhan dan menirukan pohon ditiup
angin. Pembelajaran sains multisensori yaitu menerangkan penggunaan alat indera.
Pembelajaran variasi media yaitu membuat cairan warna dari tumbuhan, membuat
rumah-rumah dari kardus. Interaksi yaitu anak membuat rumah dari susunan
balok dengan berkelompok. Aktivitas mengurangi kerusakan bumi yaitu
mengajarkan anak tidak membuang sampah sembarangan membedakan sampah
organik dan non organik. mengklasifikasi yaitu membedakan sekelompok balok
yang memiliki warna-warna berbeda. Perkiraan yaitu menimbang, mengukur
ukuran meja dan kursi dengan penggaris, dan memompa air dan menuang air ke
gelas sama banyak. Membandingkan yaitu mengurutkan balok dari kecil ke besar,
maka Model Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19
berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, ANAK USIA DINI, PANDEMI COVID 19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:51 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4228 |