Hasibuan, Emrinawati (2014) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri Se Kabupaten Padang Lawas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_EMRINAWATI_HASIBUAN_1103633_1530_2014.pdf [thumbnail of B1_1_EMRINAWATI_HASIBUAN_1103633_1530_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_EMRINAWATI_HASIBUAN_1103633_1530_2014.pdf
Download (457kB)
Abstract
Disiplin kerja guru merupakan faktor yang mendukung terhadap kesuksesan dari
tujuan pendidikan dan secara khususnya adalah tujuan dari sekolah. Fenomena yang ada
dalam proses pendidikan di sekolah adalah sering terjadinya bentuk-bentuk tindakan
indisipliner dari guru, seperti kepala sekolah juga sering meninggalkan sekolah, kepala
sekolah cenderung membiarkan guru terlambat masuk kelas, guru datang ke sekolah
tidak tepat waktu, guru pulang lebih awal, guru masuk kelas terlambat, tapi keluar kelas
cepat, atau guru sering hanya sekedar titip absen kepada temannya, sedangkan guruguru
tersebut tidak hadir di sekolah. Sikap ketidakdisiplinan tersebut tentu akan
mempengaruhi kinerja dari guru dan juga upaya mencapai tujuan organisasi sekolah
yang telah ditetapkan
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional.
Penelitian dilakukan terhadap guru SMA Negeri Se Kabupaten Padang Lawas dengan
populasi sebanyak 257 guru. Jumlah sampel penelitian sebanyak 78 guru dan
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified propotional
random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan
mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama, kedua dan ketiga dianalisis
dengan teknik persentase, tujuan penelitian keempat dan kelima dianalisis dengan
teknik regresi linear sederhada, dan tujuan penelitian keenam dianalis dengan teknik
regresi linear berganda.
Penelitian menjelaskan bahwa: (1) Terdapat kontribusi kepemimpinan kepala
sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 9.9%. (2) Terdapat kontribusi budaya
sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 5.6% tetapi tidak signifikan. (3) Terdapat
kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap disiplin kerja
guru sebesar 12%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DISIPLIN KERJA GURU |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4227 |