Maharani, Reizki (2019) Efektivitas Role Playing dalam Layanan Informasi untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_REIZKI_MAHARANI_16151036_4804_2019.pdf [thumbnail of B1_1_REIZKI_MAHARANI_16151036_4804_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_REIZKI_MAHARANI_16151036_4804_2019.pdf
Download (715kB)
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan salah satu permasalah yang sering terjadi,terutama dibidang akademik. Prokrastinasi akademik dapat didefinisikan sebagaikecenderungan seseorang dalam menunda kegiatan yang berkaitan denganakademik. Salah satu penyebab terjadinya prokrastinasi pada mahasiswa yaitudikarenakan diperguruan tinggi mahasiswa memiliki tanggung jawab dan tuntutanyang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Salah satu perilaku mahasiswa yangmengarah kepada prokrastinasi akademik yaitu banyak mahasiswa yang tidakjujur khususnya dalam mengerjakan tugas seperti copy paste jawaban dariinternet. Dari 307 orang mahasiswa, terdapat 167 mahasiswa (55%) yangmemiliki tingkat prokrastinasi pada kategori sedang, 90 mahasiswa (29%) beradapada kategori tinggi, dan 50 mahasiswa (16%) berada pada kategori rendah. Salahsatu upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah prokrastinasi akademik yaitudengan memberikan layanan informasi dengan menggunakan role playing.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalahQuasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group Design.Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan(KTP), dengan kelompok eksperimen sebanyak 32 orang mahasiswa dankelompok kontrol sebanyak 32 orang mahasiswa. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah model Skala Likert, selanjutnya akan dianalisis menggunakanuji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov-Smirnov Two IndependentSampel dengan bantuan SPSS versi 20.00.Temuan penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa role playing dalamlayanan informasi efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik padamahasiswa sehingga untuk selanjutnya dapat diberikan kepada mahasiswa dalamupaya mengurangi prokrastinasi akademik mahasiswa. Selanjutnya, temuanpenelitian secara khusus yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikanprokrastinasi akademik mahasiswa pada kelompok eksperimen sebelum dansetelah diberikan layanan informasi menggunakan role playing, (2) terdapatperbedaan prokrastinasi akademik mahasiswa pada kelompok kontrol sebelumdan setelah diberikan layanan informasi tanpa menggunakan role playing, dan (3)terdapat perbedaan prokrastinasi akademik mahasiswa antara kelompokeksperimen yang diberikan layanan informasi menggunakan role playing dengankelompok kontrol yang diberikan layanan informasi tanpa menggunakan roleplaying
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN INFORMASI, ROLE PLAYING |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:51 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4226 |