Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP Negeri 36 Sarolangun)

Karnangsyah, Emi (2013) Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP Negeri 36 Sarolangun). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EMI_KARNANGSYAH_10684_2756_2013.pdf] Text
B1_1_EMI_KARNANGSYAH_10684_2756_2013.pdf

Download (133kB)

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang sangat penting perannya
dalam proses pengembangan anak. Anak merupakan amanah Tuhan untuk
dipelihara dan dibimbing menjadi orang yang berguna. Berdasarkan pengamatan
menggambarkan bahwa hasil belajar siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh berbagai faktor terutama pola asuh orangtua. Orangtua yang
kurang memperhatikan kegiatan belajar anaknya, acuh tak acuh terhadap belajar
anaknya, tidak memperhatikan sama sekali kepentingan dan kebutuhan anak
dalam belajar, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa, gambaran pola asuh
orangtua, dan hubungan antara pola asuh orangtua dengan hasil belajar siswa dan
implikasinya terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 36
Sarolangun.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif korelasional, yaitu suatu
penelitian untuk mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya
dan kemudian data/informasi diuraikan secara apa adanya dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif, yang mengkaitkan antara pola asuh orangtua dan hasil
belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan kelas VIII
SMP Negeri 36 Sarolangun Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 215,
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria
siswa yang memiliki orangtua lengkap yang berjumlah 124 siswa. Data
dikumpulkan dengan angket model skala Likert. Teknik analisis data dilakukan
dengan deskriptif dan korelasional yang diolah dengan bantuan program
SPSS.16.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa SMP
Negeri 36 Sarolangun tergolong pada kategori sedang. 2) Pola asuh authoritative
berada pada kategori tinggi. kategori tinggi pada tipe pola asuh authoritative akan
mendukung tercapainya hasil belajar yang tinggi dari siswa. Pola asuh
authoritarian berada pada kategori sedang. Pola asuh authoritarian yang berada
pada kategori sedang akan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Pola
asuh Permissive berada pada kategori sedang, sehingga akan mengakibatkan
tingkat pencapaian hasil belaajr siswa berada pada kategori sedang, dan Pola asuh
Uninvolved berada pada kategori tinggi, yang akan menyebabkan hasil belajar
siswa berada pada kategori rendah. Berdasarkan temuan penelitian ini
menunjukkan terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan hasil belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: POLA ASUG ORANGTUA, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 20 Mar 2025 07:50
Last Modified: 20 Mar 2025 07:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item
View Item