Pengembangan Local Instructional Theory Topik Luas dan Keliling Bangun Datar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Kelas III Sekolah Dasar

Harnas, Denny Mulyani (2021) Pengembangan Local Instructional Theory Topik Luas dan Keliling Bangun Datar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DENNY_MULYANI_HARNAS_16124098_3980_2022.pdf] Text
B1_01_DENNY_MULYANI_HARNAS_16124098_3980_2022.pdf

Download (731kB)

Abstract

Luas dan keliling bangun datar menjadi materi yang membingungkan bagi siswa. Pembelajaran luas dan keliling Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional, sehingga siswa mempelajari konsep secara kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local Instructional Theory (LIT) topikLuas dan Keliling Bangun Datar berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang Luas dan Keliling Bangun Datar serta mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research approach) tipe Gravemeijer dan Cobb yang terdiri daritiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan conducting retrospective analyses. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 18 Air Tawar Selatan dan SDN 25 Air Tawar Selatan. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi,dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LIT untuk topik Luas dan Keliling Bangun Datar dengan pendekatan RME yang dikembangkan berupa alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban peserta didik yang diimplementasikan melalui RPP dan LKS. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, praktis dengan kriteria sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk pembelajaran luas dan keliling bangun datar, yaitu: menemukan konsep keliling bangun datar, menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku, menemukan konsep luas bangun datar, dan menentukan luas bangun datar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Local Instructional Theory; Pendekatan Realistic Mathematics Education; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:25
Last Modified: 30 Jan 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item
View Item