Putri, Hayati Gemala (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX MTs PGAI Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_HAYATI_GEMALA_PUTRI_15155007_2406_2017.pdf [thumbnail of B1_01_HAYATI_GEMALA_PUTRI_15155007_2406_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_HAYATI_GEMALA_PUTRI_15155007_2406_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya: 1) Perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 4) Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTS PGAI Padang, yang berjumlah 60 siswa dan terdiri dari tiga kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, Peneliti mendapatkan kelas IX1 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 20 siswa dan kelas IX2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Data kemudian dianalisis dengan uji-t dan anava. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPA siswa kelas
eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa kelas kontrol, 2) Hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar tinggi pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar tinggi pada kelas kontrol, 3) Hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar rendah pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa dengan motivasi belajar rendah pada kelas kontrol, 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 05:27 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4202 |