Usaha Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Kelas XII SMAN 1 Koto XI Tarusan Dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN)

Adison, Joni (2013) Usaha Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Kelas XII SMAN 1 Koto XI Tarusan Dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JONI_ADISON_1103691_5597_2013.pdf] Text
B1_1_JONI_ADISON_1103691_5597_2013.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal, diantaranya; siswa takut jika tidak
lulus, bayangan terus menerus mengenai nilai rendah yang berhubungan psikologis maupun
fisiologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan usaha guru
bimbingan dan konseling pemberian layanan informasi terhadap kecemasan siswa
menghadapi ujian nasional, (2) untuk mendeskripsikan usaha guru bimbingan dan konseling
dalam pemberian bimbingan kelompok kepada siswa yang cemas menghadapi ujian
nasional, (3) untuk mendeskripsikan usaha guru bimbingan dan konseling pemberian
konseling individual kepada siswa yang cemas menghadapi ujian nasional, (4) untuk
mendeskripsikan usaha guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran dalam
menyiapkan siswa menghadapi ujian nasional, (5) untuk mendeskripsikan usaha guru
bimbingan dan konseling mendiagnosis dan remedi siswa dalam menyiapkan siswa
menghadapi ujian nasional.
Sedangkan yang menjadi batasan masalahnya adalah usaha guru bimbingan dan
konseling pemberian layanan informasi terhadap kecemasan siswa menghadapi ujian
nasional, usaha guru bimbingan dan konseling dalam pemberian bimbingan kelompok
kepada siswa yang cemas menghadapi ujian nasional, usaha guru bimbingan dan konseling
pemberian konseling individual kepada siswa yang cemas menghadapi ujian nasional di
SMAN 1 Koto XI Tarusan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan usaha guru bimbingan dan
konseling pemberian layanan informasi terhadap kecemasan siswa menghadapi ujian
nasional, mendeskripsikan usaha guru bimbingan dan konseling dalam pemberian
bimbingan kelompok kepada siswa yang cemas menghadapi ujian nasional,
mendeskripsikan usaha guru bimbingan dan konseling pemberian konseling individual
kepada siswa yang cemas menghadapi ujian nasional (UN).
Melalui metode kualitatif ditemukan bentuk kecemasan yang sering muncul ketika
menjelang memasuki ujian, adanya reaksi peringatan dari keadaan fisik dengan merasakan
tubuh tidak enak sebagai akibat dari peningkatan tekanan darah yang meningkat tajam dan
kekhawatiran yang berlebihan.
Berdasarkan temuan dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa usaha yang
dilakukan guru bimbingan dan konseling mengatasi kecemasan terhadap ujian nasional di
SMAN 1 Koto XI Tarusan dengan memberikan pemahaman pada siswa tentang menyikapi
gejala-gejala kecemasan dalam menghadapi ujian nasional, sehingga mereka bisa memahami
bahwa hal tersebut harus disikapi dengan wajar, meningkatkan persiapan mentalitas,
meningkatkan kerjasama antara sesama guru bimbingan dan konseling dan personil sekolah
lainnya serta mendiagnosis dan remedi siswa dalam menyiapkan siswa menghadapi ujian
nasional. Kepada guru bimbingan dan konseling sebaiknya lebih kreatif memotivasi siswa
agar mampu terlepas dari rasa kecemasan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:25
Last Modified: 20 Mar 2025 04:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4195

Actions (login required)

View Item
View Item