Kontribusi Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Pelaksanaan Tugas Guru di SMP Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Guswardi, Jon (0201) Kontribusi Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Pelaksanaan Tugas Guru di SMP Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JON_GUSWARDI_51555_5923_2012.pdf] Text
B1_1_JON_GUSWARDI_51555_5923_2012.pdf

Download (152kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal ditemukan bahwa pelaksanaan tugas guru
terkesan relatif cukup rendah terutama dalam bidang pembuatan perangkat tes, hal
ini diduga berhubungan dengan supervisi akademik dan motivasi kerja. Penelitian
ini bermaksud mengungkapkan kontribusi supervisi akademik dan motivasi kerja
terhadap pelaksanaan tugas guru tersebut.
Tiga hipotesis diuji dalam penelitian ini, pertama, supervisi akademik
berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru, kedua, motivasi kerja terhadap
pelaksanaan tugas guru, dan ketiga supervisi akademik dan motivasi kerja secara
bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru.
Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk
Basung Kabupaten Agam. Sampel sebesar 75 orang diambil dengan teknik
stratified proportional random sampling dengan mempertimbangkan strata
tingkat pendidikan dan sertifikasi guru. Instrumen yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah angket yang telah diuji keandalan dan kesahihannya.
Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis secara empiris
diterima, yaitu: supervisi akademik dan motivasi kerja, secara sendiri maupun
bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru di SMP Negeri
Kecamatan Lubuk Basung. (1) Supervisi Akademik berkontribusi sangat
signifikan terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 25,3%, (2) motivasi kerja
berkontribusi signifikan terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 10,7%, (3)
Supervisi akademik dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi sangat
signifikan terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 31,2%.
Supervisi akademik dan motivasi kerja adalah dua faktor penting dan
signifikan mempengaruhi pelaksanaan tugas guru, di samping faktor-faktor lain
yang tidak bisa diabaikan, yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:25
Last Modified: 26 Mar 2025 01:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item
View Item