Jazwir, Jazwir (2011) Pengunaan Peta Konsep untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPS kelas VII SMP N 50. Penelitian Tindakan Kelas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_JAZWIR_10759_4194_2011.pdf [thumbnail of B1_1_JAZWIR_10759_4194_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_JAZWIR_10759_4194_2011.pdf
Download (90kB)
Abstract
Siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan guru salah
satunya adalah bidang studi IPS di SMP. Akibatnya penguasaan materi oleh siswa
masih lemah.dampaknya nilai bidang studi IPS banyak dibawah KKM , Salah satu cara
untuk mengatasi kasus ini adalah dengan menggunakan peta konsep, yaitu merupakan
teknik yang diajarkan guru kepada siswa,sehingga peserta didik dapat menguasai materi
dengan mudah dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
sebeerapa efektifkah penggunaan peta konsep bagi peserta didik untuk meningkatkan
hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N
50 Siak kelas VII tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian adalah kelas VII. Sumber
data penelitian adalah siswa, guru pengamat, dan peneliti. Instrumen yang digunakan
dalam mengumpulkan data adalah catatan observasi, catatan lapangan dan tes unjuk
kerja. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat
langkah yaitu: perencanaan, kegiatan inti, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan peta konsep.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan peta konsep nilai
rata-rata siswa dengan ketuntasan 62,51% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi
92,59% pada siklus II. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan peta konsep
ini dapat meningkatkan hasil belajas IPS kelas VII SMP N 50 Siak
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:02 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4189 |