Jazwinarti, Jazwinarti (2012) Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Perkuliahan Pengantar Riset Operasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Bantuan Peta Konsep di Jurusan Matematika FMIPA UNP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_JAZWINARTI_80923_3297_2012.pdf [thumbnail of B1_1_JAZWINARTI_80923_3297_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_JAZWINARTI_80923_3297_2012.pdf
Download (316kB)
Abstract
Aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam
perkuliahan Pengantar Riset Operasi pada jurusan matematika program S1
Pendidikan Matematika FMIPA UNP masih belum optimal. Salah satu upaya
yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan
masalah mahasiswa pada perkuliahan Pengantar Riset Operasi adalah melakukan
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divition (STAD).
Penelitian bertujuan untuk menjelaskan proses peningkatan aktivitas dan
kemampuan pemecahan masalah mahasiswa program S1 pendidikan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2011-2012. Subjek
penelitian ini adalah 47 orang mahasiswa yang berada di kelas S1 Pendidikan
Matematika FMIPA UNP. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri
atas 4 langkah pada setiap siklus yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Hasil refleksi siklus pertama akan digunakan sebagai pedoman bagi
perbaikan perencanaan pada siklus berikutnya. Perolehan data penelitian ini
dilakukan dengan cara menggunakan instrument tes dan lembar observasi yang
terdiri dari data (i) aktivitas belajar Pengantar Riset Operasi mahasiswa dan (ii)
kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan 2 cara, yakni : Pertama, data yang berbentuk kualitatif dianalisis
dengan diuraikan, selanjutnya diberikan argumentasi. Kedua, data yang berbentuk
kuantitatif dianalisis dengan statistik sesuai dengan yang telah ditentukan.
Hasil analisis data dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa aktivitas
dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan peta konsep meningkat.
Persetase peningkatan pemecahan masalah mahasiswa dari 70,22 % pada siklus I
menjadi 82,97 % pada siklus II. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan peta konsep dapat
meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada
perkuliahan Pengantar Riset Operasi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:02 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4187 |