Konsep Diri danMotivasi Belajar SiswaBroken Home serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Hardi, Emeliya (2014) Konsep Diri danMotivasi Belajar SiswaBroken Home serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EMELIYA_HARDI_1103649_2595_2014.pdf] Text
B1_1_EMELIYA_HARDI_1103649_2595_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan wadah pertama dan utama yang penting bagi
perkembangan dan pertumbuhan anak. Selain itu keluarga merupakan
lingkungan pertama untuk bersosialisasi, mengenal diri sendiri, serta sebagai
motivator eksternal terbesar yang akan selalu dibutuhkan anak dalam menjalani
hidup. Maka, akan sangat fatal akibatnya apabila keluarga tidak lagi mampu
berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah fenomena anak broken
home. Kenyataan di sekolah ditemukan siswa yang berasal dari keluarga broken
home merasa minder dalam bergaul dan kurang serius dalam mengikuti
pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep
diri dan motivasi belajar siswa broken home. Selanjutnya diuji hubungan antara
motivasi belajar dengan konsep diri siswabroken home.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis deskriptif
korelasi. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X, XI dan XII SMA Pertiwi
1 Padang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi sebanyak 958
orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 42 orang dan pengambilan sampel
menggunakan teknik purposivesampling. Instrumen yang digunakan angket
tertutup dengan menggunakan model skala Likert. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan untuk menguji hubungan
antara kedua variabel digunakan statistik parametrik yaitu Pearson Correlation.
Hasil penelitian yaitu: (1) tingkat capaian responden mengenai konsep diri
siswa broken homesebesar 76.3% berada pada kategori sedang, (2) tingkat
capaian responden mengenai motivasi belajar siswa broken homesebesar 70%
berada pada kategori sedang dan (3) koefisien korelasi konsep diri siswa broken
home dan motivasi belajar siswa broken homesebesar 0,572 maka terdapat
hubungan yang signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar siswa broken
home.Dengan demikian implikasinya terhadap pelayanan bimbingan dan
konseling adalah perlunya program pelayanan yang dapat meningkatkan konsep
diri dan motivasi belajar siswa broken home.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: KONSEP DIRI, MOTIVASI BELAJAR, SISWA BROKEN HOME
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:02
Last Modified: 20 Mar 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4184

Actions (login required)

View Item
View Item