Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan

Herasanty, Elvita (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ELVITA_HERASANTY_51911_4984_2012.pdf] Text
B1_1_ELVITA_HERASANTY_51911_4984_2012.pdf

Download (172kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah cara mengajar guru yang monoton di
mana pada saat proses pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah,
sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa terhadap pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan. Siswa kurang termotivasi terhadap pembelajaran yang sedang
berlangsung dan hasil belajar Pendidikan Kewaarganegaraan siswa kurang
memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang belum memperoleh
nilai yang telah ditetapkan berdasarkan KKM yaitu 75. Untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share diharapkan sebagai cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan pada
semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X1
SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah
penelitian yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (action), observasi (observation),
dan refleksi (reflection), yang digunakan sebagai dasar bagi perbaikan perencanaan
siklus selanjutnya. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa, lembar
observasi sikap siswa, dan tes hasil belajar.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat,
dilihat dari meningkatnya kegiatan siswa pada diskusi tahap think, pair dan share
dari siklus I ke siklus ke II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa meningkat,
yang dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar siswa dari 37,50% pada siklus I
menjadi 81,25% pada siklus II, dan hasil belajar afektif siswa yang dapat dilihat dari
perkembangan sikap siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus ke II. Secara
umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X1
SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:03
Last Modified: 20 Mar 2025 03:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item
View Item