Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Swasta di Kecamatan Padang Timur.

Gustiherlina, Ratna (2015) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Swasta di Kecamatan Padang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RATNA_GUSTIHERLINA_1110805_935_2015.pdf] Text
B1_1_RATNA_GUSTIHERLINA_1110805_935_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa disiplin kerja guruSMA Swasta Kecamatan Padang Timur masih rendah. Ini terlihat dari kurangnyaketaatan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Hal inidikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran danpada akhirnya pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti menduga bahwakepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi mempengaruhi disiplin kerja guruSMA Swasta Kecamatan Padang Timur. Oleh karena itu perlu dilakukanpenelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untukmengungkap kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadapdisiplin kerja guru SMA Swasta Kecamatan Padang Timur . Hipotesis yangdiajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan kepala sekolahberkontribusi terhadap disiplin kerja guru, (2) Kompensasi berkontribusi terhadapdisiplin kerja guru, (3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi secarabersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Swasta KecamatanPadang Timur yang berjumlah 255 orang. Sampel penelitian berjumlah 62 orangyang diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling, denganmempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah terujivaliditas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi danregresi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepalasekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 37,3%, (2) Kompensasiberkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 16,3%,(3) Kepemimpinankepala sekolah dan kompensasi secara bersama-sama berkontribusi terhadapdisiplin kerja guru sebesar 47,2%. Selanjutnya hasil analisis deskriptifmengungkap bahwa disiplin kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, dankompensasi masih berada pada kategori cukup dengan tingkat ketercapaian skormasing-masingnya sebesar 77,41%, 78,47%, dan 76,98% dari skor ideal.Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolahdan kompensasi adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap disiplin kerjaguru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap disiplinkerja guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA, KERJA GURU
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:59
Last Modified: 20 Mar 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item
View Item