Efektivitas Model Pembelajaran Langsung dalam Membuat Keterampilan Pot Bunga dari Semen Berbentuk Telapak Tangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB YAPEM Tarusan

Sucidelvina, Monika (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Langsung dalam Membuat Keterampilan Pot Bunga dari Semen Berbentuk Telapak Tangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB YAPEM Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_MONIKA_SUCIDELVINA_14003128_2019.pdf] Text
B1_02_MONIKA_SUCIDELVINA_14003128_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB YAPEM Tarusan pada anak tunagrahita ringan kelas X. Terdapat lima orang anak pada satu kelas dimana anak tersebut belum bisa mengembangkan keterampilan
yang ada. Selama ini guru hanya mengajarkan pembelajaran akademik saja. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk mengajarkan anak dalam membuat keterampilan pot bunga dari semen melalui model pembelajaran
langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen dengan jenis design one group pretest-postest design. Penelitian ini terdiri dari beberapa
tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan perlakuan (pretest), tahapan kedua yaitu pemberian perlakuan (treatment) dalam keterampilan membuat pot bunga dari semen berbentuk telapak tangan dengan
menggunakan model pembelajaran langsung, selanjutnya tahap ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (posttest). Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan
dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil proses kerja dari kelima siswa dalam membuat keterampilan pot bunga bunga dari semen berbentuk telapak tangan setelah diolah dengan menggunakan uji wilcoxon sign rank tast memperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 50,60 sedangkan untk posttest terdapat peningkatan yakni menjadi 81,80.Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperolah nilai rank tast antara
pretest dan posttest 2,060 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,039. Probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probabilitas < dari
probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,039 < 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran langsung efektif dalam membuat keterampilan pot bunga dari semen berbentuk telapak tangan bagi anak tunagrahita ringan kelas
X di SLB Yapem Tarusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:59
Last Modified: 20 Mar 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item
View Item