Ritonga, Ristra Sandra (2018) Kontribusi Self Control dan Keterampilan Sosial terhadap Kecenderungan Kecanduan Media Sosial pada Siswa SMA dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RISTRA_SANDRA_RITONGA_16151066_3833_2018.pdf [thumbnail of B1_01_RISTRA_SANDRA_RITONGA_16151066_3833_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RISTRA_SANDRA_RITONGA_16151066_3833_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kecenderungan kecanduan media sosial merupakan perilaku yang tidak
sehat atau merugikan diri sendiri yang berlangsung terus menerus dan sulit untuk
diakhiri. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya self control
dan keterampilan sosial. penelitian ini berujuan untuk: (1) mendeskripsikan self
control siswa SMA Negeri 1 Stabat, (2) mendeskripsikan keterampilan sosial
siswa SMA Negeri 1 Stabat, (3) mendeskripsikan kecenderungan kecanduan
media sosial siswa SMA Negeri 1 Stabat, (4) menguji kontribusi self control
terhadap kecenderungan kecanduan media sosial siswa SMA Negeri 1 Stabat,
(5) menguji kontribusi keterampilan sosial terhadap kecenderungan kecanduan
media sosial siswa SMA Negeri 1 Stabat, (6) menguji kontrbusi self control dan
keterampilan sosial terhadap kecenderungan kecanduan media sosial siswa SMA
Negeri 1 Stabat, (7) mengetahu implikasi yang didapat dari penelitian ini untuk
pelayanan bimbingan dan konseling.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik
korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa yang terdaftar Januari-Juni
Tahun Ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Stabat, dengan sampel sebanyak 290
siswa yang dipilih melalui teknik Purposive Random Sampling. Instrument yang
digunakan adalah skala self control, skala keterampilan sosial, dan skala
kecenderungan kecanduan media sosial dengan model Likert. Data penelitian
dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara rata-rata: (1) tingkat self
control, keterampilan sosial, dan kecenderungan kecanduan media sosial berada
pada kategori sedang, (2) self control berkontribusi secara signifikan terhadap
kecenderungan kecanduan media sosial sebesar 12,6%, (3) keterampilan sosial
berkontribusi secara signifikan terhadap kecendeungan kecanduan media sosial
sebesar 21,3%, (4) self control dan keterampilan sosial secara bersama-sama
berkontribusi secara signifikan terhadap kecenderungan kecanduan media sosial
sebesar 24,2%. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan
untuk mengarahkan Guru BK/Konselor dalam memberikan pelayanan
bimbingan dan konseling terutama bidang pribadi, sosial, dan belajar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SELF CONTROL, KETERAMPILAN SOSIAL, KECENDERUNGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 00:42 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 00:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4156 |