Hubungan Kebiasaan Belajar dan Dukungan Sosial Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang serta Implikasinya dalam Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Andriani, Riska (2017) Hubungan Kebiasaan Belajar dan Dukungan Sosial Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang serta Implikasinya dalam Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RISKA_ANDRIANI_1309197_659_2017.pdf] Text
B1_01_RISKA_ANDRIANI_1309197_659_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya prestasi belajar siswa
di sekolah. Kebiasaan belajar dan dukungan sosial orangtua merupakan faktor
yang diduga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan: (1) kebiasaan belajar, dukungan sosial orangtua, dan prestasi
belajar siswa, (2) hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa, (3)
hubungan dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa, (4) hubungan
kebiasaan belajar dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama dengan
prestasi belajar siswa, dan (5) program BK kelas X dan XI SMA Pertiwi 1 Padang
Tahun Ajaran 2015/2016 dalam meningkatkan kebiasaan belajar, dukungan sosial
orangtua, dan prestasi belajar siswa di sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif
korelasional dan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X dan XI SMA Pertiwi 1 Padang yang berjumlah 621 siswa. Sampel
diperoleh sebanyak 243 siswa yang diambil melalui teknik Proportional Stratified
Random Sampling dan informan dalam metode kualitatif yaitu Guru BK.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian kuantitatif yaitu skala model Likert
dan instrumen dalam pendekatan kualitatif yaitu peneliti. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata gambaran
kebiasaan belajar berada pada kategori baik, dukungan sosial orangtua tinggi, dan
prestasi belajar siswa sangat rendah, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara
kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa, (3) terdapat hubungan yang
signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa, (4)
terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan dukungan sosial
orangtua secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa, dan (5) materi yang
berkaitan dengan peningkatan kebiasaan belajar, dukungan sosial orangtua, dan
prestasi belajar siswa sebagian sudah terkandung di dalam program BK kelas X
dan XI SMA Pertiwi 1 Padang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: KEBIASAAN BELAJAR, DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA, PRESTASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 20 Mar 2025 00:42
Last Modified: 20 Mar 2025 00:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item
View Item