Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Menggunakan Pendekatan Science,Technology, Engineering, Arts, Mathematic (STEAM) di Kelas III Sekolah Dasar

Zulvira, Riri (2022) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Menggunakan Pendekatan Science,Technology, Engineering, Arts, Mathematic (STEAM) di Kelas III Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIRI_ZULVIRA_20124028_7367_2023.pdf] Text
B1_01_RIRI_ZULVIRA_20124028_7367_2023.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pembelajaran abad-21
dimana pembelajaran harus menggunakan teknologi. Berdasarkan hasil observasi
yang telah dilakukan di kelas III SD Gugus IV Kecamatan Padang Selatan, belum
adanya pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan yang
berbasis teknologi. Untuk mengatasi hal tersebut maka dikembangkan bahan ajar
interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM yang berbasis
lectora di kelas III SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar
interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora di
kelas III SD berbentuk CD interaktif yang valid, praktis, dan efektif.
Pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan
pendekatan STEAM berbasis lectora di kelas III SD ini menggunakan model
pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, penyebaran angket dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi, lembar wawancara, angket validasi, angket praktikalitas, dan lembar
tes.
Hasil penelitian diperoleh yaitu: (1) bahan ajar interaktif tematik terpadu
menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora dinyatakan sangat valid
dengan perolehan hasil validator materi 93,91 %, validator ahli media/grafik
memperoleh nilai 92 % dan validator ahli bahasa diperoleh nilai 92 % dengan
kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitas, menunjukkan kriteria sangat
praktis setelah dilakukan penilaian oleh guru dengan nilai rata-rata 92,69 % dan
peserta didik 92,41 % dengan kategori sangat praktis (3) Hasil uji efektivitas
diperoleh rata-rata nilai pre-test 52,33 dan post-test 92,99 setelah menggunakan
produk bahan ajar. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa bahan ajar
interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora
sangat valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik di
kelas III SD.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR INTERAKTIF, TEMATIK TERPADU, PENDEKATAN STEAM, LECTORA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 19 Mar 2025 08:18
Last Modified: 19 Mar 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

View Item
View Item