Elvawarni, Elvawarni (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Terhdap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ujungbatu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELVAWARNI_1109839_6634_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ELVAWARNI_1109839_6634_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELVAWARNI_1109839_6634_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari identifikasi masalah di SMAN 1 Ujungbatu
yang menunjukkan pola pembelajaran berpusat pada guru, siswa kurang diberi
kesempatan untuk mengembangkan kreatifitas dalam berfikir sehingga sulit
untuk
memahami materi pelajaran. Kecenderungan yang sering dilakukan guru dalam
menyampaikan materi pelajaran dengan model konvensional sehingga siswa
cenderung pasif dalam belajar , yang ditandai dengan nilai hasil belajar siswa
rendah. Kurangnya minat membaca siswa dalam materi pelajaran khususnya
pelajaran biologi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah (1) hasil belajar
siswa dengan menggunakan model kooperatif script lebih tinggi dari pada yang
diajarkan menggunakan meodel konvensional, (2). hasil belajar biologi siswa
yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang diajarkan dengan model kooperatif
script memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil
belajar biologi siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan model
konvensional, (3). terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan
awal terhadap hasil belajar biologi
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain
factorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan diSMA negeri 1 Ujungbatu semester
genap tahun 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling.
Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Data analisis
dengan uji t dan Anava.
Hasil analisis data menunjukkkan bahwa : (1) hasil belajar siswa dengan
menggunakan model kooperatif script lebih tinggi dari pada yang diajarkan
menggunakan model konvensional, (2). hasil belajar biologi siswa yang memiliki
pengetahuan awal tinggi yang diajarkan dengan model kooperatif script
memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar
biologi siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan model
konvensional, (3).Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan
pengetahuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 08:18 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4151 |