Marfilinda, Riri (2017) Pengaruh Model Learning Cycle 7 E dan Pengetahuan Awal terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada pembelajaran IPA diSekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RIRI_MARFILINDA_15124055_5397_2017.pdf [thumbnail of B1_01_RIRI_MARFILINDA_15124055_5397_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RIRI_MARFILINDA_15124055_5397_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang mesti dimiliki oleh
siswa supaya tidak tertinggal dalam persaingan dunia. Berbagai upaya untuk
melatihkan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa banyak dilakukan
melalui model dan media pembelajaran yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) pengaruh keterampilan berpikir kritis yang menggunakan model
Learning Cycle 7E dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode Eksperimen;
(2) pengaruh keterampilan berpikir kritis dengan pengetahuan awal tinggi yang
menggunakan model Learning Cycle 7E dibandingkan yang menggunakan
pembelajaran metode eksperimen; (3) pengaruh keterampilan berpikir kritis dengan
pengetahuan awal rendah yang menggunakan model Learning Cycle 7E dibandingkan
dengan yang menggunakan pembelajaran metode eksperimen; (4) pengaruh interaksi
antara model Learning Cycle 7E dan pengetahuan awal dalam mempengaruhi
keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen dengan rancangan
penelitian menggunakan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SDIT Adzkia Padang. Sampel penelitian adalah siswa kelas V
Rhaudah 1 dan kelas V Thoif 1. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
adalah simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes pengetahuan awal
dan tes keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis dengan Anava.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterampilan berpikir kritis yang
menggunakan model Learning Cycle 7E lebih tinggi dibandingkan pembelajaran
yang menggunankan metode eksperimen; (2) Keterampilan Berpikir Kritis dengan
pengetahuan awal tinggi menggunakan model Learning Cycle 7E lebih tinggi
dibandingkan metode eksperimen; (3) keterampilan berpikir kritis dengan
pengetahuan awal rendah menggunakan model Learning Cycle 7E tidak berbeda
dengan pembelajaran menggunakan metode Eksperimen; (4) Terdapat interaksi
antara model Learning Cycle 7E dan pengetahuan awal dalam mempengaruhi
keterampilan berpikir kritis siswa.
i
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 08:09 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4150 |