Pengaruh ”Situational Cartoons terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa

Jamaris AM, Jamaris AM, (2010) Pengaruh ”Situational Cartoons terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JAMARIS_AM_10882_3958_2012.pdf] Text
B1_1_JAMARIS_AM_10882_3958_2012.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh “Situational
Cartoons ” terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas X MAN
2 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah
siswa kelas X MAN 2 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 402
orang terdiri dari 9 kelas paralel dan 1 kelas akselerasi. Sampel dipilih dengan
menggunakan ”Cluster Random Sampling”. Ada dua kelas sebagai sampel
penelitian ini, kelas X/9 untuk kelas “Eksperimen” (40 orang), dan kelas X/3
untuk ”Kelas Kontrol” (40 orang). Jadi penelitian ini menggunakan sampel 80
orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan Tes Menulis. Pre-tes dilakukan
sebelum penelitian dan Post-tes setelah penelitian. Data dianalisis dengan
menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan “Situational
Cartoons” mempunyai keterampilan Menulis bahasa Inggris lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknik Guided Questions.
Berdasarkan temuan diatas, dapat disimpulkan bahwa “Situational
Cartoons” memberikan pengaruh yang positif terhadap keterampilan menulis
bahasa Inggris siswa kelas X MAN 2 Padang

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:08
Last Modified: 19 Mar 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item
View Item