Putri, Ramtia Darma (2016) Efektivitas Layanan Informasi dengan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Arah Perencanaan Karier Siswa SMK. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAMTIA_DARMA_PUTRI_1308923_4263_2016.pdf [thumbnail of B1_1_RAMTIA_DARMA_PUTRI_1308923_4263_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAMTIA_DARMA_PUTRI_1308923_4263_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Arah perencanaan karier menjadi begitu penting karena dapat dijadikanpedoman siswa dalam pengambilan keputusan mengenai kariernya di masa depan.Arah perencanaan karier perlu dipersiapkan dan ditingkatkan mengingat tidaksemua siswa memiliki arah perencanaan karier yang matang. Data Badan PusatStatistik (BPS) Sumatera Barat per Agustus 2014 mencatat jumlah pengangguranterbuka masih didominasi oleh lulusan SMK yaitu sebesar 11.15%. Selain itu,hasil pengolahan AUM Umum di salah satu SMK menunjukkan adanya masalahkarier dan pekerjaan sebesar 33.56%. Hal ini menggambarkan siswa belummemiliki pemahaman yang jelas mengenai arah perencanaan karier yang akandipilihnya, walaupun Guru BK atau Konselor telah memberikan pelayananmengenai karier di sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkanarah perencanaan karier siswa adalah melalui layanan informasi denganpembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitaslayanan informasi dengan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan arahperencanaan karier siswa SMK.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalahQuasi Experimental dengan rancangan Nonrandomized Control Group Pretestposttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Nusatama Padangsebagai kelompok eksperimen dan siswa SMK Nasional Padang sebagaikelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Instrumen ArahPerencanaan Karier Siswa SMK dengan model Skala Likert, dengan nilai validitas0.436 dan reliabilitas 0.935. Data dianalisis menggunakan Independent Samples ttest dengan bantuan SPSS versi 17.00.Secara umum temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan informasidengan pembelajaran kontekstual lebih efektif dalam meningkatkan arahperencanaan karier siswa SMK. Secara khusus, terdapat perbedaan yangsignifikan pada arah perencanaan karier kelompok eksperimen yang diberilayanan informasi dengan pembelajaran kontekstual dengan kelompok kontrolyang diberi layanan informasi dengan teknik ceramah dan tanya jawab. Hasilpenelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pihak terkait terutamapersonil sekolah dalam meningkatkan arah perencanaan karier siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN INFORMASI, PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, PERENCANAAN KARIER |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:08 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4125 |