Rangka, Itsar Bolo (2012) Genogram dan Pendekatan Naratif dalam Konseling untuk Membantu Arah Pilihan Karir Siswa (Studi Pengembangan di SMP, SMA, SMK Kota Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ITSAR_BOLO_RANGKA_19120_19120_6601_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ITSAR_BOLO_RANGKA_19120_19120_6601_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ITSAR_BOLO_RANGKA_19120_19120_6601_2012.pdf
Download (720kB)
Abstract
Masalah bentuk intervensi untuk membantu arah pilihan karir siswa telah
menjadi fokus dan perhatian terus menerus oleh guru BK/konselor di sekolah. Sedikit
diketahui strategi dan intervensi yang dapat digunakan terkait permasalahan tersebut,
sehingga bimbingan dan konseling karir sebagian besar dilaksanakan melalui layanan
informasi dan layanan orientasi. Perkembangan terbaru menyatakan bahwa terdapat
strategi untuk memecahkan persoalan tersebut, yaitu salah satunya dengan
menggunakan genogram dan pendekatan naratif dalam konseling. Genogram adalah
grafik silsilah keluarga untuk tiga generasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kelayakan isi
panduan pelaksanaan genogram dan pendekatan naratif dalam konseling untuk
membantu arah pilihan karir siswa, (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian
panduan pelaksanaan genogram dan pendekatan naratif dalam konseling untuk
membantu arah pilihan karir siswa.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan,
dengan mempedomani langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Subyek uji coba penelitian terdiri
dari (1) ahli isi dibidang bimbingan dan konseling, dan (2) sasaran pengguna produk,
yaitu guru BK/Konselor, yang diambil dengan menggunakan metode purposive
sampling, sehingga diperoleh subyek uji coba penelitian, yaitu 3 orang ahli isi, dan 9
orang Konselor/guru BK. Penelitian ini dilakukan dengan mengujicoba produk
penelitian secara terbatas dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) panduan pelaksanaan genogram dan
pendekatan naratif dalam konseling secara isi dinilai layak untuk membantu arah
pilihan karir siswa, (2) tingkat keterpakaian panduan pelaksanaan genogram dan
pendekatan naratif dalam konseling dinilai tinggi untuk membantu arah pilihan karir
siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka secara umum dapat disimpulkan
bahwa produk penelitian yang dihasilkan dinyatakan layak dan dapat dipakai untuk
membantu arah pilihan karir siswa. Dengan demikian produk hasil penelitian ini
sangat direkomendasikan untuk diperkenalkan dan digunakan oleh guru BK/Konselor
di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:04 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4107 |