Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas III Sekolah Dasar 08 Pulau Air Lubuk Begalung Padang.

Rahmayalis, Rahmayalis (2010) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas III Sekolah Dasar 08 Pulau Air Lubuk Begalung Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RAHMAYALIS_91506_6517_2012.pdf] Text
B1_1_RAHMAYALIS_91506_6517_2012.pdf

Download (169kB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswaSekolah Dasar. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa hasil belajarmatematika siswa kelas III Sekolah Dasar 08 Pulau Air lubuk Begalung Padang masihrendah. Penyebabnya adalah guru belum menerapkan pendekatan kontekstual (CLT)dalam pembelajaran matematika yang merupakan salah satu pendekatan untukmemahami konsep matematika di Sekolah Dasar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancanganpenelitian tindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana masing‐masing siklus terdiri dariperencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitianini adalah guru dan siswa yang terlibat langsung dalam pembelajaran, sedangkaninstrument penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrument kunci. Teknikpengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisa datadilakukan dengan menggunakan model analisa kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapatmeningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar 08 Pulau AirLubuk Begalung Padang. Peningkatan terlihat pada tahap (1) kegiatan awal, (2)kegiatan inti, dan (3) kegiatan akhir. Pada tahap penilaian guru tidak hanyamelaksanakan penilaian hasil, tetapi juga penilaian proses.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Mar 2025 05:04
Last Modified: 19 Mar 2025 05:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item
View Item