Hubungan Persepsi Siswa tentang Konseling Perorangan dan Kompetensi Guru BK dalam Pelaksanaan Asas Dasar Konseling dengan Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Konseling Perorangan

Hamida, Hamida (2017) Hubungan Persepsi Siswa tentang Konseling Perorangan dan Kompetensi Guru BK dalam Pelaksanaan Asas Dasar Konseling dengan Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Konseling Perorangan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HAMIDA_14151032_816_2017.pdf] Text
B1_01_HAMIDA_14151032_816_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenai motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan. Persepsi tentang konseling perorangan dan kompetensi guru BK dalam pelaksanaan asas dasar konseling merupakan faktor yang diduga mempengaruhi motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persepsi siswa tentang konseling perorangan, (2) persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dalam pelaksanaan asas dasar konseling, (3) motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan, (4) hubungan persepsi siswa tentang konseling perorangan dengan motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan, (5) hubungan persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dalam pelaksanaan asas dasar konseling dengan motivasi siswa mengikuti layanan
konseling perorangan, dan (6) hubungan persepsi siswa tentang konseling perorangan dan kompetensi guru BK dalam pelaksanaan asas dasar konseling dengan motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Sutera sebanyak 690 siswa. Sampel sebanyak 253 siswa, yang dipilih dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata persepsi siswa tentang konseling perorangan berada pada kategori baik, (2) rata-rata persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dalam pelaksanaan asas dasar konseling berada pada kategori baik, (3) rata-rata motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan berada pada kategori tinggi, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang konseling perorangan dengan motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan, (5) terdapat hubungan yang signifikan
antara persepsi siswa tentang kompetensi guru BK dalam pelaksanaan asas dasar konseling dengan motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan, dan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang konseling perorangan dan kompetensi guru BK dalam pelaksanaan asas dasar konseling dengan motivasi siswa mengikuti layanan konseling perorangan. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk penyusunan program pelayanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Sutera.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 19 Mar 2025 05:04
Last Modified: 19 Mar 2025 05:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4105

Actions (login required)

View Item
View Item