Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Teknik Simulasi

Nasution, Nurliana (2019) Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Teknik Simulasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NURLIANA_NASUTION_14193034_4921_2019.pdf] Text
B1_5_NURLIANA_NASUTION_14193034_4921_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurang optimalnya interaksi mahasiswa di dalam
kelas yang mengakibatkan hasil belajar Teknik Simulasi belum optimal karena
keterbatasan waktu pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran untuk
meningkatkan interaksi belajar mahasiswa melalui pembelajaran blended learning
NNST dengan menggabungkan pembelajaran berbasis tatap muka (face to face)
dan daring (online). Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah model
blended learning NNST mata kuliah Teknik Simulasi yang valid, praktis dan
efektif.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian mahasiswa Jurusan
Sistem Informasi semester 7 pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak masingmasing
25 orang pada kelompok kontrol dan eksperimen. Instrumen pengumpul
data menggunakan tes objektif, kuesioner berskala likert dan lembar observasi.
Analisis validitas data menggunakan perhitungan V-Aiken untuk validasi produk,
teknik persentase digunakan untuk analisis praktikalitas dan efektivitas. Uji
hipotesis pada efektivitas menggunakan analisis independent sample t test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model blended learning NNST
mata kuliah Teknik Simulasi telah dikembangkan dengan susunan syntax yang
menggabungkan pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran daring
(online) dengan komposisi 50%:50% yang terdiri dari enam fase. Pengembangan
model didukung dengan produk buku model blended learning, modul Teknik
Simulasi, buku panduan pembelajaran Teknik Simulasi blended learning, buku
panduan blended learning, dan website E-Learning. Hasil analisis validitas
produk menyatakan semua produk telah valid pada seluruh aspek dan sub aspek
penilaian. Produk memiliki praktikalitas yang sangat tinggi dan memiliki
keefektifan dalam mempengaruhi hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan
psikomotor. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa model blended
learning NNST memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas yang telah teruji
sehingga layak digunakan pada mata kuliah Teknik Simulasi dan pada mata kuliah
lainnya. Implikasi dari penelitian ini meningkatkan motivasi dan cara belajar
mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Blended Learning Teknik Simulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 19 Mar 2025 05:05
Last Modified: 19 Mar 2025 05:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4102

Actions (login required)

View Item
View Item