Cik, Idi Jang (2022) Pengembangan Model Production-Based Learning berbasis E-Commerce pada Mata Kuliah Technopreneurship. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_IDI_JANG_CIK_17193044_3274_2022.pdf [thumbnail of B1_5_IDI_JANG_CIK_17193044_3274_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_IDI_JANG_CIK_17193044_3274_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ditengah wabah pandemi covid-19 yang melanda dunia, manusia seakan
dipaksa untuk melakukan perubahan prilaku, mulai dari prilaku belajar, prilaku
berbelanja, prilaku bersilaturahmi bahkan prilaku dalam pemenuhan kebutuhan
pokok atau makan. Pola dan prilaku tersebut linier dengan anjuran pemerintah
yakni pembatasan berkelompok dan menjaga jarak. Dari sisi pembelajaran,
berbagai aturan dilakukan pengkajian dan penerapan, dari yang mengkombinasi
daring dan luring sampai yang pola full online. Menyikapi disrupsi teknologi yang
masif saat ini, mahasiswa harus disiapkan untuk menjadi technopreneur. Model
pembelajaran yang peneliti kembangkan pada penelitian ini adalah model
pembelajaran production-based learning berbasis e-commerce pada mata kuliah
technopreneurhip.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation and Evaluation). Adapaun Sintak yang dipakai
dalam pengembangan model pembelajaran production-based learning adalah: 1)
Analisis kurikulum dan karakteristik peserta didik, 2) Identifikasi dan analisis
produk, 3) Membuat pertanyaan penting tentang produk, 4) Pemetaan pertanyaan,
5) Analisis peralatan dan bahan yang dibutuhkan produk yang akan dibuat, 6)
Membuat rencana bisnis, 7) Proses pembuatan produk, 8) Operasional yang
meliputi promosi dan pemasaran, 9) Evaluasi sumatif.
Uji dan analisa dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas kontrol
dan kelas eksperimen dengan masing-masing 50 mahasiswa, sedangkan untuk
menguji validitas, digunakan kuesioner oleh 5 orang pakar (Expert). Dari tahapantahapan
penelitian yang dilakukan dihasilkan nilai validitas sebesar 0,816 dengan
kategori valid, untuk uji efektivitas mendapatkan hasil 94,11 pada kelas
eksperimen dan 82,73 pada kelas kontrol, dan Praktikalitas sebesar 89,33 kategori
sangat praktis. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pengembangan
production-based learning memiliki nilai validitas, efektivitas dan praktikalis
yang memenuhi syarat, sehingga layak diterapkan
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Production-Based Learning E-Commerce Technopreneurship |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:05 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4098 |