Pengembangan Media Compact Disc (CD) Interaktif dalam Pembelajaran Biologi pada Materi Katabolisme Karbohidrat di SMA Kelas XII

Gustina, Rosi Esa (2012) Pengembangan Media Compact Disc (CD) Interaktif dalam Pembelajaran Biologi pada Materi Katabolisme Karbohidrat di SMA Kelas XII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ROSI ESA GUSTINA_83994_2012.pdf] Text
B1_3_ROSI ESA GUSTINA_83994_2012.pdf

Download (883kB)

Abstract

Proses pembelajaran melibatkan interaksi antara siswa dan guru. Interaksi
edukatif diarahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
Tujuan pembelajaran tercapai bila sebagian besar informasi dapat diterima dan
diserap oleh siswa dengan baik. Materi katabolisme karbohidrat merupakan materi
yang bersifat abstrak dan sulit dipahami siswa. Agar siswa dapat memahami
konsep dengan baik dan benar, seorang guru harus bisa membuat dan
menggunakan media yang tepat dan variatif. Salah satu media yang dapat
digunakan guru untuk materi ini adalah Compact Disc (CD) interaktif dengan
program macromedia flash yang menggabungkan gambar, suara dan animasi.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media CD interaktif pada pokok bahasan
katabolisme karbohidrat dan kemudian mengetahui validitas dan praktikalitasnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
4-D models yang telah dimodifikasi, terdiri dari 4 tahap yaitu, define, design,
develop dan disseminate. Namun, tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define
terdiri dari analisis kurikulum dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan
perancangan media CD interaktif. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh
6 orang validator dan uji praktikalitas oleh 3 orang guru biologi dan 31 orang
siswa kelas XII. Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif.
Hasil uji validitas media CD interaktif pada pokok bahasan katabolisme
karbohidrat menunjukkan bahwa media CD interaktif yang dihasilkan valid
ditinjau dari aspek isi/materi, bentuk media dan bahasa. Hasil uji praktikalitas
media CD interaktif oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa media CD interaktif
ini praktis ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan dan ketersedian waktu.
Respons guru dan siswa mengenai media CD interaktif juga berkategori baik. Hal
ini menunjukkan bahwa media CD interaktif pada materi katabolisme karbohidrat
yang dihasilkan sudah valid dan praktis serta mendapat respons baik oleh guru
dan siswa sehingga bisa digunakan dalam pembelajaran biologi untuk SMA kelas
XII

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Katabolisme Karbohidrat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 19 Mar 2025 05:04
Last Modified: 19 Mar 2025 05:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item
View Item