Iswandi, Iswandi (2012) Kontribusi Kompetensi dan Kerjasama Penilik Terhadap Kinerja Penilik dalam Pengendalian Mutu Program Pendidikan Nonformal di Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ISWANDI_20002_6570_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ISWANDI_20002_6570_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ISWANDI_20002_6570_2012.pdf
Download (260kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan, peneliti melihat bahwa kinerja
penilik dalam pengendalian mutu program pendidikan nonformal di Kabupaten
Agam belum optimal. Peneliti menduga kompetensi penilik dan kerjasama
berkontribusi terhadap kinerja penilik dalam pengendalian mutu program
pendidikan nonformal di Kabupaten Agam, oleh karena itu perlu diadakan untuk
mengkaji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi kompetensi
penilik dan kerjasama terhadap kinerja penilik dalam pengendalian mutu program
pendidikan nonformal. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1)
kompetensi penilik berkontribusi terhadap kinerja penilik dalam pengendalian
mutu program pendidikan nonformal, 2) kerjasama penilik berkontribusi terhadap
kinerja penilik dalam pengendalian mutu program pendidikan nonformal, 3)
kompetensi dan kerjasama penilik secara bersama-sama berkontribusi terhadap
kinerja penilik dalam pengendalian mutu program pendidikan nonformal.
Populasi penelitian ini adalah seluruh penilik pendidikan nonformal di
Kabupaten Agam yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil yang berjumlah 34
orang. Dalam penelitian ini, semua penilik dijadikan sampel dengan menggunakan
teknik penelitian sensus atau disebut juga sampel total, dengan mempertimbangkan
strata tingkat pendidikan, masa kerja, jenis kelamin. Instrumen yang digunakan
untuk pengumpulan data adalah angket yang telah diuji kesahihan dan
kehandalannya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik kolerasi dan
regresi.
Hasil penelian menujukan bahwa: 1) kompetensi penilik memberi
kontribusi secara signifikan terhadap kinerja penilik dalam pengendalian mutu
program pendidikan nonformal 2) kerjasama penilik memberi kontribusi secara
signifikan terhadap kinerja penilik dalam pengendalian mutu program pendidikan
nonformal dan 3) kompetensi dan kerjasama penilik secara bersama-sama
memberikan kontribusi terhadap kinerja penilik dalam pengendalian mutu program
pendidikan nonformal.
Implikasi dari temuan penelitian adalah bahwa kompetensi penilik dan
kerjasama merupakan dua faktor penting yang dapat mempengaruhi kinerja penilik
dalam pengendalian mutu program pendidikan nonformal di Kabupaten Agam,
disamping faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:04 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4093 |