Anggraini, Rezi (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif “ICTTainment” Menggunakan Power Point pada Mata Pelajaran TIK untuk SMP Kelas IX. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_REZI_ANGGRAINI_1200390_1041_2017.pdf [thumbnail of B1_03_REZI_ANGGRAINI_1200390_1041_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_REZI_ANGGRAINI_1200390_1041_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pengembangan multimedia interaktif “ICT-Tainment” menggunakan
PowerPoint merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah belajar siswa,
seperti rendahnya minat belajar dan sulitnya memahami materi yang disampaikan.
ICT-Tainment dapat membantu siswa agar lebih termotivasi saat belajar karena
materi disajikan dengan tampilan menarik, interaktif, menyenangkan, dan
dilengkapi dengan game edukatif. Pengembangan ICT-Tainment juga sebagai
upaya memaksimalkan potensi PowerPoint sebagai aplikasi pembuat media
pembelajaran yang cukup familiar bagi kalangan akademisi. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Interaktif ICT-Tainment mata pelajaran
TIK untuk SMP Kelas IX yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam
menunjang proses pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(Research and Development/ R&D). Penelitian ini menggunakan model
pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall dengan tahapan yang telah
dimodifikasi menjadi tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2)
perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba, dan (5) perbaikan produk
akhir. Produk hasil pengembangan dinilai oleh dua orang ahli media dan satu
orang ahli materi yang juga merupakan guru TIK, serta diujicobakan kepada 30
orang siswa kelas IX SMPN 32 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan teknik
analisis deskriptif kuntitatif dan kualitatif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ICT-Tainment untuk segi media sudah
“valid” dengan nilai yang diperoleh dari validator 1 sebesar 3,70 dan dari
validator 2 sebesar 3,82; untuk segi materi sudah “valid” dengan nilai yang
diperoleh dari validator materi sebesar 3,85. Selanjutnya, untuk hasil uji
kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan sudah “sangat
praktis” dengan nilai yang diperoleh sebesar 3,54. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa multimedia interaktif “ICT-Tainment” untuk siswa kelas IX SMP semester
I pada materi dasar-dasar penggunaan internet/intranet ini dapat digunakan untuk
mendukung proses pembelajaran TIK
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif PowerPoint |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:03 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4090 |