Hered, Friska (2021) Pengembangan Local Instructional Theory (LIT) Topik Perbandingan Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FRISKA HERED_17124091_2022.pdf [thumbnail of B1_01_FRISKA HERED_17124091_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FRISKA HERED_17124091_2022.pdf
Download (763kB)
Abstract
Perbandingan menjadi materi yang cukup sulit bagi peserta didik. Pembelajaran perbandingan di Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional, sehingga peserta didik tidak memahami konsep perbandingan dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local Instructional Theory (LIT) topik perbandingan berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang perbandingan serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research approach) tipe Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan conducting retrospective analyses. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 15 Padang Pasir Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LIT topik perbandingan berbasis pendekatan RME yang dikembangkan dalam bentuk alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban peserta
didik yang diimplementasikan melalui RPP dan LKPD. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, praktis dengan kriteria sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan
waktu yang diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk topik perbandingan, yaitu: menemukan konsep perbandingan, menentukan konsep perbandingan senilai, menentukan konsep perbandingan berbalik nilai dan menemukan konsep kecepatan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Local Instructional Theory |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:03 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4087 |