Efektifitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak ADHD (classroom action research kelas II D/C di PK/PLK Limas Padang

Diana, Diana (2012) Efektifitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak ADHD (classroom action research kelas II D/C di PK/PLK Limas Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DIANA_50905_4380_2012.pdf] Text
B1_2_DIANA_50905_4380_2012.pdf

Download (186kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada anak ADHD kelas DII/C
mengalami kesulitan dalam berhitung. Karena anak sering mengatakan tidak bisa dalam
menerima pelajaran dengan metode yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan berhitung bagi anak ADHD.
Jenis penelitian yang digunakan adalam penelitian tindakan kelas (classroom
action research) yang dilakukan berkolaborasi dengan teman sejawat dengan subjek
penelitian kelas II D/C dengan dua orang siswa berjenis kelamin laki-laki, penelitian
dilakukan di PK/PLK Limas Padang.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan penelitian FW
hanya memliki hasil 10% dari 10 soal yang diuji, setelah diberikan tindakan pada siklus I
yang dilaksanakan enam kali pertemuan dalam proses pembelajaran, dapat dilihat FW
mendapatkan hasil 20% dari 10 soal yang diuji, kemudian dilanjutkan pada siklus II
dalam lima kali pertemuan proses pembelajaran berhitung melalui permainan ular tangga,
FW mendapatkan hasil 70% dari 10 soal yang diuji . Sedangkan RZ sebelumnya
dilaksanakan penelitian hanya memiliki hasil 40% dari 10 soal yang diuji, setelah
diberikan tindakan pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan dalam
proses pembelajaran dapat dilihat RZ mendapatkan hasil 60% dari 10 soal yang diuji,
kemudian dilanjutkan pada siklus II dalam lima kali pertemuan dalam proses
pembelajaran berhitung melalui permainan ular tangga RZ mendapatkan hasil 90% dari
10 soal yang diuji.
Dari hasil penyajian dan analisis data dapat disimpulkan permainan ular tangga
dapat meningkatkan kemampuan berhitung bagi anak ADHD kleas II D/C.Disarankan
kepada sekolah,guru dan peneliti berikut untuk dapat menggunakan permainan ular
tangga untuk meningkatkan kemampuan anak ADHD dalam berhitung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga Kemampuan Berhitung Anak ADHD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 18 Mar 2025 04:11
Last Modified: 18 Mar 2025 04:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item
View Item