Nurmeliza, Nurmeliza (2017) Meningkatkan Ketahanan Duduk Anak Tunagrahita Sedang Melalui Kegiatan Meronce di SLB Perwari Padang” (single subject research kelas V CI). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NURMELIZA_1200353_743_2017.pdf [thumbnail of B1_02_NURMELIZA_1200353_743_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NURMELIZA_1200353_743_2017.pdf
Download (297kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan, yakni anak
tunagrahita X yang memiliki ketahanan duduk yang rendah ketika belajar di dalam
kelas. Anak sering keluar masuk kelas dan tidak betah duduk lama. Ketahanan duduk
yang dimiliki anak kurang dari sepuluh menit. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan ketahanan duduk anak tunagrahita sedang kelas V C1 di SLB Perwari
Padang melalui kegiatan meronce.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penilaian penelitian ini adalah
lamanya durasi (waktu) ketahanan duduk anak tunagrahita sedang X dalam proses
pembelajaran. Teknik analisis datanya menggunakan visual grafik. Pengamatan
dilakukan dalam tiga sesi yaitu pertama, sesi baseline (A1) dilakukan selama enam
kali, ketahanan duduk anak pada kondisi ini terletak pada rentang 3-7 menit, sesi
intervensi (B) dengan menggunakan kegiatan meronce dilakukan selama Sembilan
kali pengamatan, ketahanan duduk anak meningkat, terletak pada rentang 8-15 menit.
Ketahanan duduk anak setelah tidak lagi diberikan intervensi (A2) dilakukan enam
kali terletak pada rentang 7-10 menit.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Tunagrahita Kegiatan Meronce |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:11 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 04:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4020 |