Ismira, Ismira (2013) Kesesuaian Tipe Kepribadian Dengan Pekerjaan Sebagai Guru dan Hubungannya Dengan Kinerja Guru SDIT Adzkia Padang (Tinjauan Bimbingan Konseling). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ISMIRA_80807_4122_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ISMIRA_80807_4122_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ISMIRA_80807_4122_2013.pdf
Download (140kB)
Abstract
Tipe kepribadian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi efektifitas
individu dalam bekerja. Jika seseorang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan tipe
kepribadiannya, maka orang tesebut akan merasa bahagia, efektif dan produktif dalam
bekerja. Guru adalah pekerjaan yang banyak dilakoni oleh masyarakat. Guru memiliki
peran yang sangat strategis dalam upaya tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional. Menurut
Teori John L Holland, tipe kepribadian yang paling sesuai dengan pekerjaan sebagai guru
adalah tipe kepribadian sosial dengan karakter pribadi yang supel, periang, empati, banyak
bicara dan suka kerja-kerja sosial. Guru dengan tipe kepribadian sosial diduga akan
memiliki kinerja yang baik sebagai guru. Seorang guru yang memiliki tipe kepribadian
yang sesuai akan dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Ada 2 tugas pokok guru
yakni mengajar dan manajemen kelas. Mengajar adalah proses menyampaikan materi
pembelajaran sehingga siswa mengerti tentang pembelajaran, sedangkan manajemen kelas
merupakan upaya menciptakan kondisi optimal agar pembelajaran dapat berjalan dengan
efektif dan efesien. Tugas mengajar antara lain adalah merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi pembelajaran. Semua tugas guru ini, akan berjalan dengan baik apabila tipe
kepribadian yang dimiliki memang sesuai dengan posisi sebagai guru. Secara umum
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian tipe kepribadian dengan
pekerjaan guru dan hubungan antara tipe kepribadian dengan kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
analitik. Penelitian dilakukan terhadap guru SDIT Adzkia Padang dengan jumlah sampel
penelitian sebanyak 73 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan
mengunakan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
teknik persentase dan untuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan statistik
parametrik yaitu dengan Teknik Analisis Regresi Sederhana.
Temuan penelitian menjelaskan bahwa: (1) tipe kepribadian guru SDIT Adzkia
Padang berada pada kategori sesuai, (2) kinerja guru SDIT Adzkia Kota Padang berada
pada kategori sangat baik dan (3) hubungan antara tipe kepribadian dengan kinerja guru
SDIT Adzkia Padang positif dan signifikan. Tipe kepribadian memberikan kontribusi
terhadap kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:10 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 04:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4015 |