Evaluasi Penyelenggaraan Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Sumatera Barat Cabang Sepaktakraw Melalui Pendekatan Context, Input, Processs, Product, Outcome (CIPPO)

Zalfendi, Zalfendi (2016) Evaluasi Penyelenggaraan Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Sumatera Barat Cabang Sepaktakraw Melalui Pendekatan Context, Input, Processs, Product, Outcome (CIPPO). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ZALFENDI_1104283_2731_2019.pdf] Text
B1_1_ZALFENDI_1104283_2731_2019.pdf

Download (874kB)

Abstract

Evaluasi penyelenggaraan PPLP yang dilaksanakan pada penelitian ini
difokuskan untuk PPLP Sumatera Barat cabang olahraga Sepaktakraw.
Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan peningkatan
prestasi atlet PPLP Sumatera Barat cabang olahraga Sepaktakraw, dengan
menggunakan pendekatan CIPPO (context, input, processs, product, outcome).
Hasil evaluasi tersebut akan digunakan untuk menetukan efektifitas program
dan merancang program pembinaan yang tepat untuk meningkatkan prestasi
atlet.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix
method. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dokumen,
FGD (focus group discussion), inventory ceklist, dan wawancara. Responden
pada penelitian ini terdiri dari pelatih PSTI dan atlet Sepaktakraw, Bimpres
Koni Sumatera Barat, Pengprov Sumatera Barat, Ketua dan Pengajar Jurusan
Kepelatihan FIK-UNP, serta Staf UPTD PPLP Sumatera Barat. Hasil evaluasi
menggunakan pendekatan context, input, process, dan product dilakukan
analisis butir dan dituangkan secara naratif yang diperjelas dengan menyajikan
tabel, grafik ataupun diagram, sedangkan variabel outcome hanya dinarasikan.
Efektifitas program dilakukan terhadap variabel context, input, process, dan
product dengan menggunakan model Glickman berdasarkan nilai Z skor dan T
skor. Rancangan program pelatihan peningkatan prestasi PPLP didiskusikan
melalui FGD untuk menetukan alternatif kebijakan, dan menggunakan
wawancara untuk menentukan prioritas kebijakan yang selanjutnya akan
dianalisis menggunakan AHP atau Analytical Hierarchy Processs.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan
pelatihan peningkatan prestasi PPLP Sumatera Barat cabang olahraga
Sepaktakraw ditinjau dari context sudah cukup efektif. Program pelatihan
ditinjau dari input cenderung kurang efektif terutama dalam ketersediaan dana,
sarana dan prasarana dan kualitas pelatih serta atlet. Program pelatihan ditinjau
dari process juga kurang efektif, khususnya dalam pemanfaatan sarana dan
prasarana, dan hubungan atlet, pelatih serta pengelola. Sedangkan ditinjau dari
product cukup efektif terutama dalam tingkat regional. Secara keseluruhan,
program pelaksanaan pelatihan peningkatan prestasi tergolong kurang efektif
dan perlu dilakukan revisi program. Berdasarkan hasil evaluasi dan efektifitas
program pelatihan tersebut, maka program yang perlu menjadi prioritas utama
PPLP Sumatera Barat untuk meningkatkan prestasi atlit Sepaktakraw adalah
peningkatan sarana dan prasarana penunjang, evaluasi process penyaringan
atlet dan pelatih, evaluasi pelaksanaan program pelatihan dan peningkatan
pelayanan kesehatan dan kebutuhan gizi para atlet

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pusat Pendidikan Dan Latihan CIPPO
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
S Sport
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 18 Mar 2025 04:10
Last Modified: 18 Mar 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4010

Actions (login required)

View Item
View Item