Zera, Arga Dian (2021) Panduan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Identitas Diri dalam Kaitannya dengan Agresivitas Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ARGA_DIAN_ZERA_17151012_3814_2023.pdf [thumbnail of B1_1_ARGA_DIAN_ZERA_17151012_3814_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ARGA_DIAN_ZERA_17151012_3814_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya identitas diri siswa menyebabkan munculnya prilaku agresif.
Fenomena perilaku agresif merupakan tindakan menyerang orang lain secara
langsung maupun secara tidak untuk menyakiti orang lain baik secara fisik
maupun secara psikologis. Identitas diri merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi munculnya perilaku agresivitas. Saat individu mengalami krisis
identitas, maka individu akan mencerminkan perilaku menyimpang yang salah
satunya adalah perilaku agresif. Upaya peningkatan identitas diri dalam kaitannya
dengan agresivitas dapat dilakukan melalui pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok oleh Guru BK/Konselor. Oleh karena itu, diperlukan panduan
bimbingan kelompok untuk peningkatan identitas diri dalam kaitannya dengan
agresivitas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan identitas diri
terhadap agresivitas, (2) menghasilkan panduan bimbingan kelompok yang valid,
praktis dan efektif untuk peningkatan identitas diri dalam kaitannya dengan
agresivitas yang layak digunakan oleh Guru BK/Konselor.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation dan Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 3 orang
ahli untuk menguji kelayakan tampilan panduan, 3 orang ahli untuk menguji
kelayakan materi panduan dan 3 orang Guru BK/Konselor untuk menguji
keterpakaian panduan dan 10 orang siswa untuk menguji efektivitas panduan.
Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik non
parametrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) identitas diri dalam kaitannya
dengan agresivitas siswa berada pada kategori sedang, (2) panduan bimbingan
kelompok untuk peningkatan identitas diri dinilai layak secara isi dan sangat layak
secara tampilan, tingkat keterpakaian panduan pada kategori sangat baik dan
tingkat efektivitas panduan mengalami peningkatan sebelum dan sesudah
dilaksanakan bimbingan kelompok dengan mengunakan panduan. Panduan
bimbingan kelompok untuk peningkatan identitas diri dapat digunakan sebagai
media oleh Guru BK/Konselor di sekolah. Dengan demikian, prototype panduan
bimbingan kelompok untuk peningkatan identitas diri dapat dimanfaatkan oleh
Guru BK/Konselor untuk membantu siswa meningkatkan idenititas diri.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:23 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4004 |