Darma, Aria (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 039 Kota Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ARIA_DARMA_51904_2773_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ARIA_DARMA_51904_2773_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ARIA_DARMA_51904_2773_2012.pdf
Download (734kB)
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar
Matematika di kelas V SD Negeri 039 Tampan Pekanbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan tujuan untuk
menguji hipotesis tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan dari variabel-variabel
yang diteliti. Desain eksprimen yang digunakan adalah Eksprimen ramdomized Pretest
Posttest design.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SDN 039 Tampan Kota
Pekanbaru yang berjumlah 88 orang dari 3 kelas, kemudian dikelompokkan lagi secara
random menjadi dua kelompok, yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas
VB kelompok kontrol. Kelas eksprimen diberi perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan kelas kontrol mengggunakan model
konvensional dengan jumlah jam belajar yang sama. Teknik analisis data menggunakan
uji t dan Anova.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan : 1) Hasil belajar matematika peserta
didik yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi
dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran konvensional, 2) Hasil belajar matematika peserta didik memiliki
kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair
Share lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika peserta didik memiliki kemampuan
awal tinggi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Hasil
belajar matematika peserta didik memiliki kemampuan awal rendah yang dibelajarkan
menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pada hasil belajar
peserta didik memiliki kemampuan awal rendah yang dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran konvensional, dan 4) Terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika peserta
didik.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif
tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Oleh
karena itu disarankan kepada guru dan pihak-pihak terkait agar dapat menggunakan model
pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran agar kemampuan siswa dalam mata
pelajaran matematika dapat lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:23 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3999 |