Efektivitas Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Memanfaatkan Prinsip-prinsip High Touch dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 25 Pekanbaru

Irmayanti, Irmayanti (2013) Efektivitas Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Memanfaatkan Prinsip-prinsip High Touch dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 25 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_IRMAYANTI_19151_576_2013.pdf] Text
B1_1_IRMAYANTI_19151_576_2013.pdf

Download (213kB)

Abstract

Layanan informasi merupakan salah satu jenis layanan yang penting dalam
pelayanan bimbingan konseling di sekolah dalam rangka meningkatkan motivasi
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas
layanan informasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Di harapkan dari
hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan dan masukan untuk SMP N 25
dan SMP N 8 Pekanbaru yang sedang berkembang dalam meningkatkan motivasi
belajar siswanya menjadi lebih baik.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen, dengan design
penelitian ”Pre-test Post-test Control Group Design”. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 25 dan SMP N 8 Pekanbaru tahun
pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari 16 (enam belas) kelas, dengan jumlah siswa
sebanyak 640 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non
random sampling dengan metode purposive sample. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini berjumlah 40 siswa SMP N 25 pada kelompok eksperimen dan 40
siswa SMPN 8 pada kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan adalah Skala
Likert. Uji validitas dan reliabellitas terhadap angket motivasi belajar, penelitian
menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS
ver.17. Teknik analisis data digunakan dengan menggunakan teknik Wilcoxon
Signed Ranks Test dan teknik Kolmogorov Smirnov 2 independent Sampels,
melalui bantuan Program SPSS ver.17.
Penelitian ini menghasilkan temuan berupa: terjadi peningkatan yang
signifikan motivasi belajar siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah
diberikan perlakuan layanan informasi dengan memanfaatkan prinsip-prinsip high
touch (posttest). Disamping itu terdapat pula perbedaan tingkat motivasi belajar
siswa kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan
informasi tanpa memanfaatkan prinsip-prinsip high touch. Peningkatan motivasi
belajar pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa layanan
informasi dengan memanfaatkan prinsip-prinsip high touch jauh lebih tinggi jika
dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan berupa
pemanfaatkan prinsip-prinsip high touch dalam memberikan layanan informasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru BK / konselor di
sekolah dapat meningkatkan pelaksanaan layanan informasi dalam rangka
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memanfaatkan prinsip-prinsip high
touch

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:55
Last Modified: 18 Mar 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item
View Item