Kontribusi Iklim Komunkasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Irdaningsih, Irdaningsih (2012) Kontribusi Iklim Komunkasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_IRDANINGSIH_19089_6099_2012.pdf] Text
B1_1_IRDANINGSIH_19089_6099_2012.pdf

Download (307kB)

Abstract

Kinerja guru adalah suatu prestasi kerja guru yang sangat dibutuhkan
dan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Fenomena yang ditemui dilapangan
menunjukan bahwa kinerja guru masih rendah. Hal ini dikhawatirkan akan
berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi iklim
komunikasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru. Hipotesis yang diuji
dalampenelitian ini adalah: (1) Iklim komunikasi berkontribusi terhadap kinerja
guru, (2) Kecerdasa emosional berkontribusi terhadap kinerja guru, (3) Iklim
komunikasi dan Kecerdasan emosional secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru
Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kecamatan Sungai Pagu
Kabupaten Solok Selatan yang berjumlah 106 orang. Sampel 52 orang diambil
dengan teknikstratified proportional random sampling, dengan
mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrumen yang
yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket yang sudah diuji
kehandalan dan kesahiannya, Berikutnya data tersebut kemudian dianalisis dengan
menggunakan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Iklim secara signifikan
berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 16,5%, (2) Kecerdasan emosional
secara signifikan juga berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 20,2%, dan (3)
Iklim komunikasi dan kecerdasan emosional secara signifikan berkontribusi
terhadap kinerja guru secara bersama-sama sebesar 29%.Hasil analisis
menunjukkan bahwa iklim komunikasi termasuk kategori baik, kecerdasan
emosional termasukkategori sedang, dan kinerja guru termasuk kategori sedang.
Penemuan di atas mengimplikasikanbahwa iklim komunikasi dan kecerdasan
emosional adalah dua faktor penting yang memberikan kontribusi
terhadap kinerja guru. Meskipun demikian, masih banyak faktor lain yang
berkontribusi terhadap kinerja guru yang tidak termasuk dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:41
Last Modified: 18 Mar 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item
View Item