Komitmen dan Kinerja Guru Bersertifikasi dengan Yang Belum Bersertifikasi SMPN di Kecamatan Linggo Sari Banganti Kabupaten Pesisir Selatan.

Intardi, Intardi (2013) Komitmen dan Kinerja Guru Bersertifikasi dengan Yang Belum Bersertifikasi SMPN di Kecamatan Linggo Sari Banganti Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_INTARDI_19673_3195_2013.pdf] Text
B1_1_INTARDI_19673_3195_2013.pdf

Download (324kB)

Abstract

maupun kuantitas. Kinerja dan komitmen guru merupakan salah satu faktor yang
memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Dari studi awal
yang peneliti lakukan pada Sekolah Menengah Pertama di kecamatan Linggo Sari
Banganti komitmen dan kinerja guru cenderung rendah.
Penelitian ini bertujuan mendapatkan jawaban perbedaan kinerja dan
komitmen Guru bersertifikasi dengan yang belum. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif, dengan jenis penelitian “ex-post facto“ karena masalah yang
diteliti sudah terjadi dan kemudian menurut kebelakang melalui data untuk
menemukan faktor-faktor yang mendahului atau menentukan sebab-sebab yang
mungkin atas peristiwa yang diteliti.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru
yang berstatus PNS mengajar di Sekolah Menengah Pertama di dalam Kecamatan
Linggo Sari Baganti. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh jumlah populasi
sebanyak 179 orang. Mengingat jumlah populasi cukup besar perlu diambil
sampel. Pengambilan sampel ini akan dilakukan dengan menggunakan teknik
stratified proportional random sampling. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah
42 orang. Sampel sebanyak 42 orang ini akan dipilih secara acak melalui undian
Dari hasil penelitan ditemukan bahwa terdapat perbedaan
komitmen guru yang bersertifikasi dengan yang tidakbersertifikasi
dengan angka (0,013), terdapat perbedaan kinerja guru yang bersertifikasi
dengan yang tidakbersertifikasi ditinjau dari komitmen guru dengan angka
(0,043), terdapat perbedaan kinerja antara guru yang berkomitmen tinggi dengan
guru berkomitmen rendah dengan angka (0,00) dan tidak terdapat interaksi antara
aspek sertifikasi guru dengan komitmen dalam hal kinerja guru dengan
signifikansi 0,758”.
Kepada guru untuk dapat meningkatkan kinerja dalam
melaksanakan tugas, sehingga tujuan pendidikan dapat
tercapai.Kemudian kepada pihak terkait seperti pengelola pendidikan
agar meningkatkan sarana prasarana dalam bidang pendidikan
sehingga mutu pendidikan dapat meningkat dengan sendirinya.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:40
Last Modified: 18 Mar 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item
View Item