Indraniati, Indraniati (2010) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_INDRANIATI_62433_3605_2012.pdf [thumbnail of B1_1_INDRANIATI_62433_3605_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_INDRANIATI_62433_3605_2012.pdf
Download (121kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yang terlihat pada
SD Negeri 03 dan SD Negeri 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan yang
belum memanfaatkan strategi pembelajaran secara efektif, khususnya dalam mata
pelajaran matematika, sehingga hal ini berdampak pada rendahnya kreativitas
belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan strategi pembelajaran mastery
learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika.
Penelitian ini dikelompokkan ke dalam penelitian eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 dan kelas IV SD Negeri
05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Teknik penentuan sampel dilakukan
dengan random sampling. Kelas eksperimen diperlakukan dengan menggunakan
strategi mastery learning, kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional.
Data dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini mengungkapkan
bahwa kreativitas dan hasil belajar kelompok siswa dengan menggunakan strategi
mastery learning pada pembelajaran matematika lebih tinggi dari pada kelompok
siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa kreativitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan strategi mastery learning dalam pembelajaran matematika lebih
tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan strategi konfensional.
Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan strategi matery learning dalam
pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 02:39 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3974 |